Jumat, 31 Desember 2010 09:21 WIB News Share :

Bromo terus semburkan asap pekat disertai suara gemuruh

Probolinggo–Gunung Bromo masih terus menyemburkan asap pekat kelabu. Asap tersebut membumbung tinggi dengan ketinggian 600 – 800 meter. Arah angin ke timur dan timur laut membawa asap menuju arah Lumajang.

“Suara gemuruh juga masih sering terdengar,” kata Ahmad Subhan, petugas pengamatan Gunung Bromo, di Cemorolawang, saat dihubungi, Jumat (31/12).

Subhan mengatakan dari pantauan pukul 00.00 – 06.00 WIB, gempa tremor masih terus terjadi dengan amplitudo 15 – 40 mm. Semburan asap pagi ini, kata Subhan, masih terusan dari kejadian sore hingga dini hari tadi.

Pukul 17.00 – 00.00 WIB, Bromo memuntahkan abu berwarna kelabu kecoklatan dan material pijar, dengan disertai suara gemuruh yang cukup keras. Bahkan intensitas gemuruh lebih lama daripada sebelumnya.

Material pijar yang dikeluarkan Bromo saat itu masih jatuh di kaki Gunung Bromo. Atau berjarak sekitar radius 150 meter dari bibir kawah. Semburan abu yang cukup kencang ini dengan ketinggian 1.200 meter, dan arah angin ke timur dan timur laut.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PKG 39, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pelayanan Medis Olahraga

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (18/10/2017). Esai ini karya Rumi Iqbal Doewes, dosen di Program Studi Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah king.doewes@staff.uns.ac.id. Solopos.com, SOLO–Pencinta sepak bola Indonesia pantas berduka….