Rabu, 29 Desember 2010 23:30 WIB Solo Share :

Komisi I
Sosialisasikan segera e-KTP!

Solo (Espos)–Komisi I DPRD Kota Solo mendesak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) segera melakukan sosialisasi Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP lantaran pelaksanaan program dari Pemerintah Pusat itu sudah kian dekat.

Anggota Komisi I DPRD Kota Solo, Asih Sunjoto Putro saat ditemui wartawan, Rabu (29/12), mengatakan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 26/2009 tentang Penerapan KTP Berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK), penerapan e-KTP secara nasional dilakukan selambat-lambatnya pada akhir tahun 2011. Akan tetapi, rencananya program dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini akan diterapkan di Kota Solo pada Juli 2011 nanti.

Menurutnya, hingga kini Dispendukcapil sudah hampir menyelesaikan tahapan pemutakhiran data kependudukan. Dia memperkirakan, pekerjaan terberat berada di tahapan sosialisasi penerapan e-KTP ini. “Tahap ini diperkirakan membutuhkan tenaga ekstra karena tidak mudah mengajak warga untuk mendaftarkan dirinya. Terlebih bagi warga yang sering keluar kota karena kesibukan tertentu,” urai Asih.

Lebih lanjut, Asih menjelaskan, pendaftaran e-KTP tidak bisa diwakilkan oleh orang lain seperti halnya pembuatan KTP biasa. Menurutnya, untuk mendaftar e-KTP warga akan diambil sidik jari dan pas fotonya secara langsung. “Kalau KTP biasa kan tidak perlu sidik jari atau pengambilan foto secara langsung sehingga bisa diwakilkan oleh orang lain. Nah, kalau tidak dilakukan sosialisasi secara intensif tentu warga tidak akan mengetahui bagaimana cara mendaftar e-KTP ini,” tutur Anggota Panitia Khusus (Pansus) Retribusi Daerah ini.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil, Mamiek Miftahul Hadi saat dihubungi melalui telepon mengatakan hingga kini persiapan penerapan e-KTP itu sudah mencapai 90%. Menurutnya, proses pemutakhiran data kependudukan saat ini sudah hampir selesai. “Ada beberapa RT yang belum melaporkan hasil pemutakhiran data kependudukan. Sebentar lagi proses pemutakhiran data ini selesai sehingga bisa segera melakukan sosialisasi kepada warga,” tukas Mamiek.

Mamiek menambahkan, rencananya sosialisasi e-KTP di Kota Solo akan mulai pada awal 2011 nanti. Sosialiasi akan dilakukan secara bergilir di 51 kelurahan di Kota Solo. Untuk mengantisipasi antrean panjang pada saat pendaftaran, pihaknya akan memberikan pelayanan hingga malam hari. “Bagi warga yang sibuk di luar kota tidak perlu khawatir karena pelayanan akan kami buka hingga malam hari dengan sistem shift<I>,” terang Mamiek.

mkd

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…