Rabu, 29 Desember 2010 11:36 WIB Tekno Share :

Jerman siapkan pusat pertahanan cyber

Jakarta--Kementerian Dalam Negeri Jerman dilaporkan telah memiliki rencana untuk membangun sebuah lembaga pusat pertahanan cyber.

Demikian seperti dikutip detikcom dari Reuters, Rabu (29/12).

“Kami berencana membuat ‘Pusat Pertahanan Cyber Nasional’ pada 2011. Lembaga itu akan menggabungkan semua kemampuan pertahanan cyber yang ada sekarang,” sebut juru bicara dari kementerian.

Langkah Jerman ini bisa dilihat sebagai tren semakin pentingnya keamanan digital bagi suatu negara. Perang cyber pun sudah bukan sekadar teori atau imajinasi belaka.

Sebelumnya, Inggris telah menegaskan bahwa keamanan cyber adalah salah satu prioritas anggaran. Termasuk dalam hal ini sebagai bagian dari pertahanan nasional.

Contoh nyata serangan cyber yang berbahaya adalah program jahat bernama Stuxnet yang diduga bertujuan untuk mensabotase fasilitas nuklir.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….