Rabu, 29 Desember 2010 10:33 WIB Ekonomi Share :

Inflasi Desember diprediksi naik kisaran 0,2%

Solo (Espos)–Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo memprediksi inflasi Desember 2010 berada pada kisaran 0,5% plus minus 0,2%, atau lebih besar dari inflasi November yang tercatat 0,47% month to month (mtm).

Demikian disampaikan Wakil Ketua Tim Teknis TPID Kota Solo, Asih Widodo, kepada Espos, Selasa (28/12). Asih mengatakan, peningkatan inflasi terutama bersumber dari kelompok volatile food yang disebabkan gangguan pasokan akibat menurunnya produksi sesuai siklusnya dan gangguan distribusi akibat kendala cuaca.

“Kenaikan harga cabai dipastikan akan memberikan tekanan inflasi yang cukup besar di bulan Desember ini,” tutur Asih.

Seperti diketahui, harga cabai di pasar tradisional Kota Solo terus mengalami kenaikan. Awal pekan ini, harga cabai rawit merah tembus Rp 58.000 per kilogram.

Sementara, cabai merah besar naik lagi dari Rp 35.000 per kg menjadi Rp 38.000 per kilogram. Cabai hijau juga tembus Rp 40.000 per kilogram.

“Untuk mengatasi gejolak harga, bantuan bibit cabai diharapkan segera direalisasikan pada tahun 2011 dalam program pemanfaatan pekarangan,” ujar Asih.

Ditambahkannya, bencana Gunung Merapi masih berpengaruh terutama terhadap harga sayur-sayuran. Selain itu, barang dan jasa yang harganya naik pada Desember ini antara lain, beras, minyak goreng, telur ayam ras, cabai merah, cabai rawit, rokok, pertamax, airport tax, semen, sandang, obat-obatan dan pasir.

“Untuk mengendalikan harga beras, di samping raskin diharapkan dapat dianggarkan melalui APBD melalui program untuk keluarga miskin dengan beras premium.”

haw

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…