Rabu, 29 Desember 2010 05:52 WIB Sport Share :

Bermain seri 1-1 lawan Birmingham, MU kembali rebut tahta dari City

Birmingham — Manchester United cuma dapat satu poin dalam lawatannya ke Birmingham City. Unggul lebih dulu, The Red Devils dipaksa puas dengan skor 1-1 setelah gawang mereka bobol di menit-menit akhir laga.

Dalam laga di St Andrews, Rabu (29/12) dinihari WIB, MU lebih dulu unggul melalui Dimitar Berbatov di menit 58. Namun kemenangan yang sepertinya sudah di depan mata buyar lantaran Lee Bowyer menjebol gawang Edwin van Der Sar di menit 89.

Meski cuma dapat tambahan satu poin, ‘Setan Merah’ berhak mengklaim kembali puncak klasemen Liga Inggris. Poin yang didapat Ryan Giggs cs sama dengan kepunyaan Manchester City yang berjumlah 38, namun MU unggul selisih gol, selain masih punya dua pertandingan sisa.

Di depan pendukungnya sendiri Birmingham membuka tekanan ke gawang MU saat umpan silang Sebastian Larsson gagal ditanduk dengan sempurna oleh Cameron Jerome.

Ryan Giggs membuat fans Birmingham menaham napas di menit 18 ketika umpan diagonal yang dia lepaskan mengarah ke gawang. Meski tidak dalam posisi ideal, Ben Foster masih bisa menepis dengan ujung jarinya, bola pun cuma membentur tiang gawang dan langsung disapu pemain bertahan Birmingham.

Tiga menit kemudian Birmingham dapat peluang lain saat wasit memberikan tendangan bebas menyusul pelanggaran yang dilakukan Michael Carrick. Tapi kans tersebut terbuang percuma lantaran tendangan Larsson masih jauh dari sasaran.

Sebuah peluang lain dimiliki Giggs di menit 33. Menusuk dari sayap kanan, sepakan yang dilepaskan winger asal Wales itu tepat mengarah ke pelukan Foster. Sementara tusukan Rafael Da Silva hingga ke muka muka penalti juga sia-sia, umpan yang coba dia lepaskan pada Berbatov terlalu deras dan tak kuasa dikejar sang striker.

Di awal babak kedua Birmingham kembali lebih dulu mengkreasikan kesempatan. Kali ini melalui Craig Gardner yang tendangan volinya mengarah tepat ke Van der Sar.

MU membalas melalui Rooney, saat tandukannya menyambar umpan silang Giggs dari jarak dekat berujung hasil tak memuaskan lantaran bola tak mengarah ke gawang. Baru di menit 58 The Red Devils akhirnya membuka keunggulan melalui Berbatov.

Gol tersebut bermula dari umpan backheel Berbatov pada Gibson, yang kemudian dikembalikan pada Berba setelah berlari hingga tepi kotak penalti. Dari sudut sempit, striker asal Bulgaria itu melepaskan tembakan keras yang mengarah ke tiang dekat dan melewati kiper Ben Foster. 1-0 MU unggul.

Gol tersebut memicu pemain MU untuk tampil lebih agresif lagi. Kalau tak dimentahkan tiang gawang, Berbatov sudah mencetak gol keduanya di menit 60.

Demi menambah daya gempurnya tuan rumah memasukkan Alex Hleb untuk menggantikan Sebastian Larsson. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil lantaran MU tetap tampil lebih dominan di atas lapangan.

‘Setan Merah’ bahkan punya peluang matang lain saat tandukan Nemanja Vidic dengan susah payah ditepis Foster ke luar lapangan. 

Di menit 89 bencana buat MU datang karena gawang mereka berhasil dibobol Bowyer. Gol tersebut bermula dari umpan crossing dari sisi kanan yang dipantulkan Nikola Zigic dalam duel dengan Vidic.

Bola yang mental ke tiang jauh menemui Bowyer yang tanpa kawalan menjatuhkan diri untuk menendang bola ke dalam gawang. Beberapa pemain MU mengangkat tangan menganggap terjadi offside, namun hakim garis tak mengangkat benderanya dan wasit menyatakan gol tersebut sah. Skor sama kuat 1-1.

Di empat menit waktu injury time, MU memberi tekanan hebat ke pertahanan Birmingham. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai. Detikcom

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…