Senin, 27 Desember 2010 08:08 WIB News Share :

Waspadai gelombang tinggi hingga 6 Meter

Jakarta--Gelombang tinggi antara 4 hingga 6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan di Indonesia.

Angkutan transportasi laut maupun kapal nelayan diharapkan mewaspadai gelombang ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Senin (27/12), menyatakan, gelombang tinggi tersebut diperkirakan terjadi di delapan lokasi.

Kedelapan lokasi itu yakni Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Laut Cina Selatan, Perairan Kepulauan Natuna dan Anambas, Laut Natuna, Perairan selatan Kepulauan Aru, Laut Arafuru, Perairan Yos Sudarso, Perairan Merauke.

Sementara gelombang dengan ketinggian lebih rendah, 3-4 meter, juga diperkirakan terjadi di beberapa wilayah perairan.

Antara lain di Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Perairan timur Kepulauan Riau, Laut Banda bagian selatan, Perairan Kepulauan Babar dan Kepulauan Tanimbar, Perairan Kepulaian Kai dan Kepulauan Aru, Perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Leti.

BMKG juga mencatat angin di atas wilayah Indonesia sebelah Utara khatulistiwa umumnya bertiup dari arah utara menuju timur.

Sedangkan di bagian selatan khatulistiwa, angin bertiup dari arah barat daya ke barat. Kecepatan angin berkisar antara 05-15 knots (09-27 km/jam).

dtc/nad

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…