Senin, 27 Desember 2010 12:47 WIB Tekno Share :

Robot lihai bermain badminton

Jakarta--Tentu mengasyikkan menghabiskan waktu berjam-jam bermain badminton atau bulu tangkis bersama teman.

Namun bagaimana jika ternyata teman Anda sedang tak bisa diajak bermain? Jangan khawatir, robot pemain badminton bersedia menjadi lawan main Anda.

Dalam sebuah tayangan video yang dilansir situs BotJunkie, robot bernama Jada ini memang lihai menangkis serangan dan memukul balik shuttlecock yang diarahkan padanya.

Kelemahannya, Jada hanya bisa bolak-balik ke kiri dan ke kanan, dia tak bisa bergerak maju dan mundur. Maka, pukulan ringan yang sedikit melewati net akan dengan mudah membuatnya tak berkutik.

Namun jangan anggap remeh, suatu hari nanti Jada sangat mungkin membalas dengan bermain lebih cantik. Para pengembangnya dari Flanders Mechanotrics Technology Centre (FMTC) di Louvain, Flemish Brabant, Belgia, berencana memberikan kemampuan tambahan agar si robot lebih leluasa bergerak dan menjadikannya lawan yang sebenarnya.

Dikutip detikcom dari BotJunkie, Senin (27/12), meski masih memiliki banyak kekurangan, para penciptanya dengan bangga mengklaim bahwa ini adalah robot pemain badminton pertama di dunia.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…