News
Senin, 27 Desember 2010 - 20:48 WIB

Pemerintah tak berencana naikkan harga BBM

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta –– Pemerintah tak berencana menaikkan harga bahan bakar minyak meski harga minyak dunia telah melonjak. “Jangan tanya apakah kita akan naikkan BBM, tidak ada,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dalam jumpa pers seusai rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Senin (27/12).

Harga minyak mentah pada Jumat pekan lalu telah menembus rekor tertinggi dalam dua tahun terakhir, yakni US$ 94,74 per barel. Seiring pemulihan ekonomi dari krisis, harga minyak terus naik melebihi 30 persen dari titik terendah tahun ini pada bulan Mei lalu. Harga patokan Eropa untuk minyak ICE Brent ditutup di level US$ 93,46, dan harga patokan di Amerika Serikat mencapai angka tertinggi selama 26 bulan terakhir yakni US$ 91,63 per barel.

Advertisement

Jika harga minyak naik, otomatis beban subsidi bahan bakar yang ditanggung pemerintah makin besar. Maka, salah satu solusinya adalah menaikkan harga bahan bakar.

Namun, Hatta berpendapat harga minyak dunia masih berpeluang turun. “Tidak boleh panik, kita pernah mengalami harga minyak US$ 140, but we still survive, bahkan growing,” ujarnya.

Menurut dia, jika harga terus tinggi, pemerintah akan mengatasinya dari dua sisi, yakni penawaran dan permintaan. Dari penawarannya, pemerintah bakal menggenjot produksi bahan bakar.

Advertisement

Sedangkan di sisi permintaan, konsumsi masyarakat ditekan dengan program pembatasan bahan bakar bersubsidi. Program ini, kata Hatta, bakal terus berjalan dan tak terpengaruh kenaikan harga minyak dunia.

Hatta mengatakan pemerintah terus memantau harga minyak dunia serta telah membuat simulasi dan rencana solusinya jika harga tersebut terus naik. Hanya saja, ia tak mau mengungkapkannya.

Masih dengan alasan harga minyak dunia bisa saja turun tahun depan, ia hakul yakin target inflasi dan pertumbuhan ekonomi pada 2011 tak akan terganggu.

Advertisement

tempointeraktif

Advertisement
Kata Kunci : Harga BBM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif