Senin, 27 Desember 2010 18:29 WIB News Share :

KY akan gelar pemilihan pimpinan secara terbuka

Jakarta–Para komisioner Komisi Yudisial (KY) akan menggelar pemilihan pimpinan secara terbuka. Meski terbuka untuk umum, pemilihan tetap menggunakan asas bebas dan rahasia.

“Tentang mekanisme pemilihan pimpinan Komisi Yudisial, maka disepakati bebas, rahasia dan terbuka untuk umum,” ujar Wakil Ketua KY sementara, Jaja Ahmad Jayus, di gedung KY, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (27/12).

Dalam pasal 7 UU Nomor 22 Tahun 2004 tentang KY disebutkan, (1) Pimpinan Komisi Yudisial dipilih dari dan oleh Anggota Komisi Yudisial; (2) Ketentuan mengenai tata cara pemilihan pimpinan Komisi Yudisial diatur oleh Komisi Yudisial.

Menurut Jaja, pihaknya juga akan mengundang sejumlah stakeholders, wartawan, dan LSM untuk dapat menyaksikan langsung proses pemilihan pimpinan KY “Nanti semuanya akan diundang oleh Sekjen KY untuk datang menyaksikan pemilihan,” kata Jaja.

Ditanya apakah pemilihan menggunakan sistem voting atau aklamasi, Jaja menjelaskan, komisioner akan melihat perkembangan pada proses pemilihan nantinya. “Dua-duanya mempunyai peluang yang sama untuk dilakukan,” jelasnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…