Koperasi Industri Pengecoran Logam Batur Jaya peroleh bantuan

Klaten (Espos)--Kementerian Perindustrian serta Pemprov Jateng memberikan bantuan tungku induksi serta sarana instalasi listrik kepada Koperasi Industri Pengecoran Logam Batur Jaya, Ceper, Klaten, Senin (27/12).

Bantuan diserahkan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo serta Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Euis Saidah yang diterima Ketua Koperasi Batur Jaya, Anas Yusuf. Gubernur mengatakan, tungku induksi mampu memproduksi 500 batangan rem rel kereta api (KA) dalam waktu 1×24 jam.

“Alat cor yang semula manual kini diganti menggunakan listrik. Kalau pakai tungkik, dalam sepekan baru dapat 500 biji rem rel KA. Artinya dengan adanya bantuan tungku induksi bisa mempercepat proses produksi sesuai jumlah yang dibutuhkan,” jelasnya kepada wartawan seusai menyerahkan bantuan.

Bibit menguraikan, industri logam di Ceper mempunyai prospek luar biasa mengingat banyak proyek pembangunan yang membutuhkan bahan cor logam, seperti rencana pembuatan jalur ganda rel KA di wilayah Jateng. Dia berharap, para pengrajin cor logam di Ceper tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk.

Sementara Ketua Koperasi Batur Jaya, Anas Yusuf menguraikan, saat ini di Ceper ada 250-an pengrajin cor logam yang masih eksis. “Kalau ada statemen Ceper pernah jaya dan sekarang mati suri itu tidak benar. Industri cor logam di Ceper masih eksis dan masih hidup, tapi memang kondisinya lain,” urainya.

rei

Editor: | dalam: Klaten |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »