Senin, 27 Desember 2010 09:24 WIB Internasional Share :

Bajak Laut Somalia sandera 27 ABK kapal Thailand

Nairobi–Bajak laut Somalia kembali beraksi. Kali ini, mereka membajak kapal berbendera Thailand di perairan Arab. Setidaknya, 27 anak buah kapal (ABK) tersebut ikut disandera pembajak.

Kapal Nexus Thor dibajak dalam perjalanan ke Bangladesh dari Uni Emirat Arab. Semua ABK adalah warna negara Thailand.

Kapal itu dicegat di 350 mil timur laut pelabuhan Salala. Belum diketahui apa muatan kapal naas itu. Demikian seperti dilansir detikcom, Senin (27/12).

Sebuah pernyataan dari NAVFOR yang berbasis di Brussels mengatakan, kapal yang dibajak adalah kapal kargo seberat 20.377 ton. Kapal itu sedang menuju ke Bangladesh dari Jebel Ali di Uni Emirat Arab.

Menurut Pengawas Maritim, Ecoterra Internasional, bajak laut Somalia saat ini memiliki sedikitnya 40 kapal asing dan hampir 700 pelaut. Mereka juga menyandera sekitar 601 orang.

Pembajak sering kali merebut kapal lalu meminta uang tebusan cukup besar. Salah satu cara untuk mengatasi pembajakan ini adalah dengan menyelesaikan konflik bersaudara di Somalia yang meletus tahun 1991.

Pengamat-pengamat internasional berpendapat, selain mengakhiri konflik, Presiden Somalia Mohamed Siad Barre juga harus dilengserkan agar pembajakan kapal di negara tersebut berakhir.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…