News
Minggu, 26 Desember 2010 - 21:47 WIB

Rektor UNS: Kedepankan kepentingan universitas

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Dr dr Much Syamsulhadi SpKJ (K) berharap ketiga calon rektor yang maju ke tahap pemilihan, mengedepankan kepentingan untuk memajukan UNS.

Syamsulhadi berpesan agar calon rektor jangan hanya memikirkan diri sendiri. Tapi memikirkan bagaimana formulasi yang tepat untuk memajukan UNS dengan menggandeng calon lainnya saat menjabat. “Tiga orang yang maju ke tahap pemilihan adalah orang-orang terbaik UNS. Jadi seharusnya mereka bertiga menempati posisi strategis semua. Jika satu orang akhirnya terpilih menjadi rektor, dua orang lainnya seharusnya memiliki jabatan strategis. Misalnya sebagai pembantu rektor,” ungkapnya ketika dihubungi Espos, Jumat (24/12),

Advertisement

Menurutnya, tidaklah bijak jika rektor yang nantinya terpilih tidak memberikan jabatan strategis kepada dua orang calon lainnya. Pasalnya, dua calon lainnya adalah orang terbaik UNS di antara sekitar 1.600 dosen UNS. “Calon yang ditawari jabatan strategis itu juga seharusnya mau, jika yang dipikirkan adalah kepentingan universitas. Hal ini adalah bagian dari sikap <I>legawa<I> menerima keputusan,” ujarnya.

Saat ini, ketika ketiga calon rektor menyiapkan curriculum vitae dan program kerja yang akan diajukan kepada Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Syamsul mengingatkan agar Proker yang disusun diarahkan pada upaya-upaya untuk mempercepat kemajuan UNS menuju world class university.

Proker harus mengacu pada arahan dari Ditjen Dikti dan sesuai dengan <I>standart operation procedure<I> (SOP). “Proker harus dikumpulkan maksimal pada 30 Desember 2010,” ujarnya.

Advertisement

Proker tersebut, katanya, juga harus sejalan dengan visi dunia pendidikan tahun 2025. Yaitu membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif, sehingga ciri khas UNS sebagai universitas yang berkualitas, tapi biayanya terjangkau, harus tetap dijaga.

Adanya kebijakan tersebut, lanjutnya, semua orang yang mampu secara akademik diharapkan bisa menempuh pendidikan tinggi. Tidak ada alasan orang miskin yang mampu secara akademik tidak bisa sekolah. Hal ini bisa diusahakan dengan mencarikan atau mengadakan program beasiswa. “Saat ini ada sekitar 5.000 mahasiswa UNS yang menerima beasiswa. Diharapkan di masa mendatang akan lebih banyak lagi,” katanya.

ewt

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pemilihan Rektor Uns
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif