Jumat, 24 Desember 2010 05:29 WIB Wonogiri Share :

Hari ini, warga Baleharjo pilih Kades

Wonogiri (Espos)–Warga Desa Baleharjo, Kecamatan Eromoko, Jumat (24/12) ini akan menentukan pemimpin baru dalam gelaran Pemilu kepala desa (Pilkades). Lima calon kepala desa (Cakades) bakal bertarung memperebutkan 2.283 suara pemilih. Pemungutan suara digelar di balaidesa setempat.

Keterangan yang diperoleh <I>Espos<I> dari Camat Eromoko, Tarmanto, hingga H-1 Pilkades Baleharjo, Kamis (23/12), persiapan sudah 100%. Ada 10 bilik yang disiapkan di tempat pemungutan suara (TPS).  Menurut rencana, pemungutan suara akan dimulai pukul 08.00 WIB, istirahat sejenak untuk salat Jumat dan dilanjutkan kembali hingga ditutup pada pukul 14.00 WIB.

“Hari ini tadi (kemarin-<I>red<I>) telah dilakukan pengundian nomor dan tanda gambar untuk masing-masing calon, yang langsung dilanjutkan dengan kampanye serta penyampaian visi misi. Sosialisasi nama-nama dan tanda gambar calon juga sudah dilakukan kepada seluruh warga, berikut penyebaran undangan,” jelas Tarmanto, saat dihubungi <I>Espos<I>, Kamis.

Lima Cakades yang akan bertarung pada Pilkades Baleharjo, lanjut Tarmanto, untuk urutan nomor satu dengan tanda gambar padi adalah Wisno, urutan kedua dengan tanda gambar ketela adalah Suparman, urutan ketiga dengan tanda gambar jagung adalah Nurwoko, urutan keempat dengan tanda gambar kelapa adalah Tusiran, dan terakhir, nomor urut lima dengan tanda gambar kacang, adalah Matsito. Mengingat jumlah calon yang cukup banyak itu, Tarmanto mengatakan kemungkinan terjadinya kericuhan relatif kecil.

Kendati demikian, langkah antisipasi pengamanan tetap disiapkan, dengan melibatkan Koramil Eromoko dan Polsek sedistrik Wuryantoro. Titik-titik yang dijaga, selain TPS di balaidesa, juga rumah kelima calon. “Di rumah-rumah calon akan ditempatkan masing-masing dua petugas keamanan. Ini untuk berjaga-jaga, terutama saat penghitungan suara,” kata Tarmanto.

Terkait penyelenggaraan Pilkades Baleharjo, Rabu (22/12) lalu, Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto sudah mengundang tim monitoring Pilkades dan kelima Cakades yang bakal bersaing dalam pemilihan hari ini. Mereka semua dikumpulkan di Ruang Data Sekretariat Daerah (Setda) dan diberi pengarahan. Para calon juga diminta membina hubungan yang baik dengan rival-rivalnya, bergandengan tangan menciptakan iklim demokrasi yang sejuk dan damai.

shs

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…