Jumat, 24 Desember 2010 08:37 WIB Sport Share :

Ditinggal Fiat, Yamaha kesulitan cari sponsor

Jakarta–Tim Yamaha mungkin akan memulai musim 2011 dengan motor bercorak biru saja. Itu karena hingga kini mereka belum mendapatkan sponsor utama sebagai pengganti Fiat.

Masih Bulan Maret 2011 sebelum musim balap baru dimulai. Namun kekhawatiran tak bisa mendapat sponsor baru sebelum waktu tersebut tiba kini membayangi tim yang musim kemarin menyapu tiga gelar juara dunia gelar itu.

Maka Yamaha pun bersiap untuk menjalani seri pertama di Qatar menggunakan motor berwarna biru tanpa tersemat sponsor utama di motornya. Biru merupakan warna korporasi pabrikan asal Jepang tersebut.

“Musim baru akan dimulai jelang akhir Maret dan saya sudah pernah berada di situasi seperti ini sebelumnya saat kami memulai musim 2007 dengan menggunakan motor berwarna biru sebelum kami meneken kontrak dengan Fiat,” ungkap bos Yamaha, Lin Jarvis, di MCN seperti diberitakan detikSport, Jumat (24/12).

Meraih gelar juara dunia pembalap dan konstruktor sejak tahun 2008 ternyata tak menjami Yamaha mudah mendapatkan sponsor utama. Saat ini setidaknya ada beberapa perusahaan yang dikabarkan akan melakukan kerjasama yakni Petronas, Telefonica dan AirAsia.

“Kondisi ini jelas tidak aneh, tapi di saat bersamaan memberikan perasaan yang tak menyenangkan dan yang menjadi perhatian saya adalah soal olahraga ini (MotoGP). Karena jika tim kami meraih sukses dengan pembalap muda tak mampu menarik sponsor, maka kita harus berpikir lagi apa yang ditawarkan olahraga ini pada perusahaan komersil dan rekan-rekan kerjanya,” lanjut Jarvis.

Kesulitan mendapatkan sponsor diduga masih disebabkan oleh efek dari krisis ekonomi global yang menghantam dunia beberapa waktu lalu. Yamaha, dan beberapa pabrikan lainnya, mengalami penurunan jumlah penjualan. Meski kondisi tersebut diyakini tak akan sampai mempengaruhi perfoma tim tersebut di musim depan.

“Kami harus siap, karena seperti banyak bisnis lainnya, untuk sekarang adalah bagaimana melakukan manajemen, baik dalam periode baik maupun buruk. Saya harap kami masih akan terus meraih sukses di bulan-bulan mendatang dan bekerja dengan partner yang bagus,” tuntas Jarvis.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…