News
Kamis, 23 Desember 2010 - 12:00 WIB

Gunung Bromo masih terus muntahkan material pijar

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - File detiksurabaya.com

Surabaya--Aktivitas Gunung Bromo masih bergejolak dan terjadi gempa terus-menerus. Bahkan, sejak Minggu malam hingga Kamis (23/12) pagi, gunung eksotik di Kabupaten Probolinggo ini masih mengeluarkan material pijar atau kerikil yang membara.

Advertisement

“Gempa masih terjadi terus-menerus dengan ampilitudo maksimal 30 mm,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Bencana Geologi PVMBG, Gede Suantika, saat dihubungi .

Gede mengatakan, perkembangan terbaru aktivitas Gunung Bromo yakni muntahnya material pijar dari kawah Bromo. Namun, material pijar itu, dinilai masih aman dan tidak membahayakan masyarakat.

“Kalau malam, material pijar itu terlihat, sedangkan di siang hari tidak terlihat karena suasananya terang. Material pijar itu terlontar sekitar 50 meter dan jatuh lagi ke kawah dan tidak sampai ke kaldera,” tuturnya.

Advertisement

Abu vulkanik Gunung Bromo menyembur hingga ketinggian sekitar 1.000 meter. Bahkan Tabu malam, abu Brromo terbawa angin hingga ke Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

Ketika ditanya apakah ada peningkatan kembali status Gunung Bromo menjadi Awas, Gede mengaku masih belum ada. “Saya rasa tetap Siaga, karena material pijar tidak sampai ke perkampungan atau membahayakan masyarakat. Material pijar sampai sekarang masih terjatuh di kawah,” jelasnya.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Bromo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif