Soloraya
Kamis, 23 Desember 2010 - 03:59 WIB

Bantuan pompanisasi di Plupuh dipertanyakan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Realisasi bantuan pompanisasi di Desa Gentanbanaran, Kecamatan Plupuh dipertanyakan, lantaran tidak ada kejelasan.

Sebelumnya, kepala desa (Kades) Gantanbanaran, Teguh Prakosa mengaku telah mengajukan usulan pengadaan pompa air untuk menyedot air dari Sungai Bengawan Solo guna memenuhi kebutuhan air di areal pertanian sepanjang aliran Bengawan. Pengajuan yang disampaikan sejak tahun 2009 tersebut sampai kini belum ada kejelasan.

Advertisement

“Saya tidak tahu bagaimana. Yang pasti sudah kami usulkan sejak tahun 2009 dan sampai sekarang belum ada kejelasan. Waktu itu saya tanyakan ke DPU, tapi katanya sekarang ditangani Dinas Pertanian. Saya sendiri bingung, karena pergantian penanganan itu tak pernah ada sosialisasi,” ungkap Teguh, kepada Espos, Rabu (22/12).

Teguh merinci, dalam proposal pengadaan pompa yang diajukan tahun 2009, pihaknya mengusulkan bantuan dua unit pompa untuk mengaliri puluhan hektar lahan pertanian di dua dukuh. Dia mengaku telah memperhitungkan penggunaan pompa bakal menekan biaya produksi cukup besar, sebab petani tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli bahan bakar dan biaya perawatan pompa air milik pribadi yang dipastikan tidak sedikit.

Dibandingkan memakai pompa pribadi yang biasa dikenal dengan istilah sumur pantek, petani bisa lebih berhemat biaya serta waktu. Sebab, jika memakai pompa dengan debit yang besar, bantuan dari Pemkab Sragen, petani hanya membutuhkan waktu paling tidak sejam untuk mengaliri 2.500 meter persegi (m2). “Kalau dengan sumur pantek, untuk mengaliri lahan seluas itu (2.500 m2-red), kami butuh semalaman,” tandasnya.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Sragen, Haryoto, saat dimintai konfirmasi menegaskan bantuan pengadaan pompa selama ini memang diberikan kepada petani melalui setidaknya tiga jalur. Pertama, melalui Dinas Pertanian, Bidang Pengairan DPU, serta lewat program P2AT. Namun, di tingkat kabupaten, selalu ada koordinasi untuk memastikan bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih. “Memang jalurnya ada beberapa, tapi kita selalu ada koordinasi,” jelasnya, Rabu.

Mengenai adanya wilayah yang belum menerima bantuan, Haryoto memastikan hal itu disebabkan karena terbatasnya dana. Selama ini, dia mengakui, anggaran untuk pengadaan pompa memang terbatas. Kendati demikian, dia menyebut anggaran pompanisasi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, sehingga desa yang pernah mengusulkan tak perlu bingung, sebab kelak bakal dapat giliran.

tsa

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pompanisasi Plupuh
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif