Soloraya
Rabu, 22 Desember 2010 - 21:54 WIB

Libur sekolah, pengunjung Sangiran membeludak

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Datangnya masa libur sekolah, membuat pengunjung Museum Sangiran membeludak. Menurut catatan pengelola, jumlah pengunjung Sangiran melonjak sampai 150% dibanding jumlah pengunjung di hari biasa, yang hanya mencapai sekitar 150 orang pengunjung.

Lonjakan pengunjung terasa sejak awal pekan ini dan diproyeksi bakal terus meningkat dalam beberapa hari ke depan, mengingat libur sekolah masih berjalan hingga pekan depan. Staf Pengelola Objek Wisata Museum Sangiran, Ika Karolina, saat ditemui Espos, di Sangiran, Rabu (22/12), mengatakan lonjakan jumlah pengunjung mulai terasa sejak awal pekan ini.

Advertisement

Jumlah pengunjung dari hari ke hari, menurutnya, terus bertambah. “Baru sejak awal pekan ini ramainya. Sementara saya hitung sudah ada peningkatan separuh dibanding di hari biasa. Kami juga makin sibuk, untung ada tambahan dua pegawai yang mulai tugas di sini sejak Mei 2010, jadi total ada 11 pegawai,” terang Ika.

Pengunjung museum, lanjut dia, didominasi kalangan pelajar, baik siswa SD maupun SMP. Para pengunjung tersebut biasanya datang dalam rombongan. Mereka sengaja memanfaatkan waktu libur untuk mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan mengenai sejarah manusia purba dan binatang purba di masa jutaan tahun silam. Pengunjung, sebutnya, berasal dari berbagai wilayah di seputar Soloraya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Museum Sangiran berasal dari SMP Negeri (N) 1 Wedi, Klaten. Guru pendamping siswa, Darmaji menungkapkan pihak sekolah mengajak 74 siswa kelas VII, VIII dan IX untuk mengunjungi Sangiran dalam rangka memanfaatkan hari libur sekolah. Selepas kembali dari kunjungan, siswa diminta membuat tugas karya ilmiah untuk dipresentasikan saat masuk sekolah dua pekan mendatang.

Advertisement

“Kami dari SMP N 1 Wedi, ada 74 siswa. Mereka kami tugasi membuat karya ilmiah remaja, untuk nanti dipresentasikan. Kunjungan ke museum juga tugas tersebut untuk mengisi liburan, agar selama libur sekolah ini anak-anak tidak vakum,” jelas Darmaji, mendampingi ketua rombongan, Wagiyanti.

tsa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Sangiran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif