Rabu, 22 Desember 2010 20:07 WIB News Share :

BNP2TKI teken MoU

Jakarta–Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan penyalur tenaga kerja swasta Malaysia yang bernama IRC (Inter Resources Consulting) Global Search.

Dalam MoU ini, kedua negara menyepakati biaya keberangkatan TKI menuju Malaysia menjadi lebih murah.

“Skema MoU ini menekankan bahwa biaya pemberangkatan para TKI yang semula sekitar Rp 7-8 juta karena melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), kini menjadi Rp 2 juta melalui BNP2TKI,” ujar Direktur Kerjasama Luar Negeri Untuk Kawasan Asia Pasifik dan Amerika BNP2TKI, Anjar Trihantoro.

Hal itu dikatakan Anjar usai penandatanganan MoU di Kantor BNP2TKI, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Rabu (22/12).

Penandatanganan MoU ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama IRC (Inter Resources Consulting) Global Search,  Michael Heah.

Tujuan MoU ini lanjut Anjar, untuk memberikan pilihan kepada masyarakat yang akan kerja ke luar negeri. Melalui skema yang mereka terapkan, diharapkan praktek percaloan TKI tidak lagi terjadi.

“Dengan skema ini kita bisa menghilangkan, midleman (pratek pencaloan) dari kedua pihak. Karena terkait pemberangkatan TKI, pemerintah tidak pernah meminta fee (keuntungan) dari masyarakat,” katanya.

Untuk kerjasama tahap awal, BNP2TKI akan menyalurkan 600 TKI ke IRC (Inter Resources Consulting) Global Search. Kerjasama antara keduanya akan dimulai pada awal Januari 2011.

“Untuk calon pekerja TKI ini kita harapkan setidaknya lulusan SLTA, dengan usia antara 18-35 tahun,” jelasnya.

BNP2TKI berjanji, nantinya para TKI ini akan ditempatkan disektor formal, seperti perusahaan manufaktur. Para TKI ini nantinya juga akan dikontrak selama 2 tahun masa kerja.

“Penempatan ini atas dasar Goverment to Private (GTP). Dan gaji yang akan diberikana berkisar antara 1200-1500 RM, atau sebesar 4-5 juta perbulan. Upah itu belum termasuk tunjungan berupa bonus, pemondokan, transportasi, maupun upah lebur,” beber Anjar.

dtc/nad

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…