Selasa, 21 Desember 2010 22:32 WIB Klaten Share :

Cegah AI Meluas, ayam-ayam dikarantina

Klaten (Espos)--Ayam-ayam milik warga Mandong, Kecamatan Trucuk, Klaten, khususnya di Dukuh Selaman dikarantina untuk mencegah meluasnya serangan avian influenza (AI) atau flu burung.

Sebaliknya, warga diminta tak memasukkan ayam atau unggas baru hingga wilayah tersebut dinyatakan aman dari AI.

Hal itu diungkapkan Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Bidang Peternakan Dinas Pertanian Klaten, Awik Purwanti, Selasa (21/12), di sela-sela penyerahan ganti rugi sapi di lapangan Balerante, Kecamatan Kemalang Klaten.

“Kami sudah mensosialisasikan kepada warga untuk mengandangkan unggasnya,” ujarnya kepada wartawan.

Diberitakan sebelumnya, puluhan ekor ayam di Dukuh Selaman Desa Mandong, Kecamatan Trucuk diketahui matai mendadak. Berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Senin (20/12), ayam yang mati positif mengidap avian influenza atau flu burung.

Dia menuturkan, dengan karantina bisa dicegah penularan AI. Awik membeberkan, setelah ada kejadian ayam mati mendadak dan dinyatakan positif AI, tim kesehatan hewan Dispertan langsung diterjunkan ke lokasi.

Selain memusnahkan dengan cara dibakar dan dikubur ternaknya, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di kandang milik warga.

rei

lowongan pekerjaan
PT. Lemindo Abadi Jaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…