Senin, 20 Desember 2010 07:33 WIB News Share :

Setelah dilantik, tujuh komisioner KY akan pilih ketua

Jakarta–DPR sudah memilih tujuh komisioner Komisi Yudisial (KY) dan akan dilantik langsung oleh Presiden SBY siang nanti. Setelah itu, tugas pertama mereka adalah berembuk untuk menentukan siapa yang menjadi ketua.

Dalam seleksi di DPR, ada tujuh nama yang terpilih sebagai komisioner, mereka adalah Eman Suparman, Abbas Said, Ibrahim, Imam Anshori Saleh, Taufiqurrahman Syahuti, Suparman Marzuki, dan Jaja Ahmad Jayus. Para calon tersebut mampu menggusur ratusan pendaftar dari seluruh negeri.

Tampil sebagai peraih suara terbanyak adalah Eman Suparman dengan 51 suara. Sementara Abbas Said ada di peringkat kedua dengan 42 suara yang disusul kemudian oleh Imam Anshori Saleh (40 suara), Taufiqurrahman Syahuti (39), Suparman Marzuki (38), Jaja Ahmad Jayus (37) dan Ibrahim (36).

Lalu bagaimana proses agar terpilih menjadi ketua? Sekjen KY Muzayin Mahbub menjelaskan, proses pemilihan ketua KY akan dilakukan secara internal. Tujuh komisioner KY akan bermusyawarah guna mencari pemimpin mereka.

“Biasanya prosesnya setelah pengambilan sumpah, lalu serah terima, baru pilih ketua,” kata Muzayin, Minggu (19/12).

Jika musyarawah tidak tercapai, kemungkinan pemilihan akan dilakukan dengan suara terbanyak.

Rencananya, serah terima jabatan komisioner KY baru dilakukan, Selasa (21/12/) mendatang. Namun khusus untuk pemilihan ketua, Muzayin belum bisa memastikan kapan waktu pelaksanannya.

“Kalau dulu itu kan agak lama karena belum ada perangkat sama sekali. Kalau sekarang kemungkinan cepat,” tegasnya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…