Militer Korsel (Reuters) Militer Korsel (Reuters)
Senin, 20 Desember 2010 10:22 WIB Internasional Share :

Korut mengancam, Korsel ngotot gelar latihan perang

Militer Korsel (Reuters)

Militer Korsel (Reuters)

Seoul–Situasi di semenanjung Korea terus memanas. Bahkan pejabat-pejabat Korea Selatan (Korsel) mengumumkan bahwa latihan perang tetap akan dilakukan hari ini, Senin (20/12) di pulau perbatasan, Yeonpyeong.

Padahal pemerintah Korea Utara (Korut) telah mengancam akan melancarkan serangan jika latihan itu tetap dilakukan. “Militer telah memutuskan untuk melakukan latihan tembak hari ini (Senin),” ujar pejabat Kepala Staf Gabungan Korsel seperti dilansir kantor berita Korsel, Yonhap, Senin.

Latihan perang tersebut akan digelar di Pulau Yeonpyeong, pulau di perbatasan Korsel dan Korut yang bulan lalu menjadi target serangan artileri Korut. Menurut AFP, pejabat-pejabat setempat telah menyampaikan pengumuman lewat pengeras suara di Pulau Yeonpyeong mengenai latihan perang tersebut.

Namun tidak disebutkan kapan persisnya latihan itu akan dimulai. “Waktu persisnya akan bergantung pada kondisi cuaca di sekitar wilayah pulau,” ujar pejabat Korsel yang tidak disebutkan namanya.

Pada 23 November lalu, Korut melancarkan serangan artileri ke Pulau Yeonpyeong. Serangan itu menewaskan dua warga sipil dan dua marinir Korsel. Lusinan rumah pun rusak akibat serangan Korut. Pemerintah Korut berdalih bahwa serangan itu sebagai balasan atas latihan perang yang digelar militer Korsel di pulau tersebut.

Pekan lalu pemerintah Korut mengancam akan melakukan serangan balasan jika Korsel tetap melakukan latihan perang di Yeonpyeong.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. Lemindo Abadi Jaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…