Minggu, 19 Desember 2010 13:40 WIB News Share :

Meletus, Bromo muntahkan kerikil

Probolinggo–Meski berstatus Siaga, Gunung Bromo di Probolinggo kembali meletus pukul 10.17 WIB, Minggu (19/12). Bahkan, letusan kali ini mengeluarkan material kerikil sejauh 1.000 meter.

“Terjadi over skill yang amplitudonya mencapai 40 milimeter disertai suara gemuruh selama 5 detik. Sedangkan kepulan abu mencapai 1 kilometer,” kata Kepala Bidang Pusat Vulkanologi Metereologi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika, saat dihubungi.

Menurutnya, saat terjadi letusan, visual Gunung Bromo tidak terlihat jelas. Karena tertutup kabut tebal. “Letusan ini merupakan terbesar dibandingkan dengan letusan saat statusnya awas,” kata Gede.

Hingga pukul 13.00 WIB, semburan abu vulkanik yang dikeluarkan masih disertai kerikil, namun jatuh di sekitar areal kawah.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…