News
Minggu, 19 Desember 2010 - 10:18 WIB

Iran naikkan harga BBM empat kali lipat

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tehran–Pemerintah Iran mengambil langkah kontroversial dengan memangkas subsidi BBM, yang langsung berdampak pada kenaikan harga BBM di negara tersebut hingga empat kali lipat.

Iran sebelumnya memiliki dua jenis harga bensin yakni untuk pemilik kendaraan bermotor diberi kuota 60 liter per bulan, dengan harga subsidi sebesar 10 sen dolar AS per liter. Jika melebihi kuota, pengendara motor harus membayar 40 sen per loter.

Advertisement

Sejak Minggu (19/12), para pemilik kendaraan bermotor harus membayar 40 sen per bulan dengan kuota 60 liter per bulan, dan lebih dari kuota itu harus membayar 70 sen per liter. Ini berarti ada kenaikan hingga 75% atau harga mencapai empat kali lipat dari sebelumnya. Harga solar juga melonjak dari 0,0165 per sen menjadi 0,15 per sen.

Dalam interview dengan televisi pemerintah pada malam harinya, Presiden Iran, Mahmod Ahmadinehad mengatakan, penghilangan subsidi akan dimulai pada awal Minggu.

“Untuk saat ini, kami tidak memiliki rencana untuk membebaskan harga, namun harga-harga akan dikoreksi. Harga baru akan diumumkan malam ini,” ujarnya seperti dikutip dari AFP.

Advertisement

Pemerintah Iran memang berniat untuk menghilangkan subsidi energi termasuk bensin, solar, gas, minyak tanah, listrik dan makanan seperti air dan roti. Pejabat pemerintahan Iran sebelumnya memperkirakan, subsidi dari produk-produk tersebut telah menelan dana hingga US$ 100 miliar per tahun.

Layaknya di Indonesia, antrean para pemilik kendaraan langsung memadati SPBU-SPBU di Iran sesaat setelah Ahmadined mengumumkan rencana kenaikan harga BBM itu. Mereka mengisi penuh tangki-tangki bensinnya sebelum kenaikan harga mulai diberlakukan Minggu ini.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Iran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif