Minggu, 19 Desember 2010 09:34 WIB Internasional Share :

Hujan salju ganggu penerbangan Eropa

London–Hujan salju nyaris melumpuhkan aktivitas bandara di Inggris sepanjang Sabtu, (18/12) kemarin. Dua bandara tersibuk di London, Heathrow dan Gatwick, sempat ditutup akibat landasan pacunya terselimuti salju tebal.

Dua landasan di Bandara Heathrow ditutup setidaknya sampai pukul 16.00 waktu setempat untuk pembersihan salju. Sedangkan Bandara Gatwick dibuka kembali setelah salju setebal 10 cm disinggkirkan dari landasan.

Maskapai British Airways membatalkan semua keberangkatkan pesawat jangka pandek dari kedua bandara tersebut. Sementara, penerbangan jarak jauh di Heathrow dibatalkan sampai pukul 19.00 dan di Gatwick sampai pukul 17.00.

“Kami sedang melihat situasi dan akan membuat keputusan mengenai penerbangan jarak jauh sesegera mungkin,” kata seorang juru bicara British Airways seperti dikutip dari reuters, Sabtu (18/12).

Di tempat lain, Bandara Birmingham sempat ditutup hingga pukul 17.00. Bandara Southampton juga ditutup sebelum akhirnya dibuka kembali. Suhu di Inggris saat ini mencapai -13 derajat celcius.

Sementara itu, di Jerman, Bandara Frankfurt membatalkan sekitar 170 penerbangan. Jumlah ini menurun dibandingkan Jumat sebelumnya, yakni 560 pembatalan dari 1.400 penerbangan yang seharusnya diberangkatkan.

Maskapai Lufthansa menyarankan penumpang untuk naik kereta api dengan menggunakan tiket penerbangan. Namun, operator Deutsche Bahn memperingatkan bahawa hujan salju juga dapat menunda keberangkatan KA.

Di Schiphol, Belanda, puluhan penerbangan juga dibatalkan. Sekitar 3.000 orang terpaksa bermalam di bandara. Sedangkan sekitar setengah penerbangan dari Charles de Gaulle Paris juga sempat ditunda antara 40 dan 50 menit karena salju.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…