News
Minggu, 19 Desember 2010 - 09:34 WIB

Hujan salju ganggu penerbangan Eropa

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London–Hujan salju nyaris melumpuhkan aktivitas bandara di Inggris sepanjang Sabtu, (18/12) kemarin. Dua bandara tersibuk di London, Heathrow dan Gatwick, sempat ditutup akibat landasan pacunya terselimuti salju tebal.

Dua landasan di Bandara Heathrow ditutup setidaknya sampai pukul 16.00 waktu setempat untuk pembersihan salju. Sedangkan Bandara Gatwick dibuka kembali setelah salju setebal 10 cm disinggkirkan dari landasan.

Advertisement

Maskapai British Airways membatalkan semua keberangkatkan pesawat jangka pandek dari kedua bandara tersebut. Sementara, penerbangan jarak jauh di Heathrow dibatalkan sampai pukul 19.00 dan di Gatwick sampai pukul 17.00.

“Kami sedang melihat situasi dan akan membuat keputusan mengenai penerbangan jarak jauh sesegera mungkin,” kata seorang juru bicara British Airways seperti dikutip dari reuters, Sabtu (18/12).

Di tempat lain, Bandara Birmingham sempat ditutup hingga pukul 17.00. Bandara Southampton juga ditutup sebelum akhirnya dibuka kembali. Suhu di Inggris saat ini mencapai -13 derajat celcius.

Advertisement

Sementara itu, di Jerman, Bandara Frankfurt membatalkan sekitar 170 penerbangan. Jumlah ini menurun dibandingkan Jumat sebelumnya, yakni 560 pembatalan dari 1.400 penerbangan yang seharusnya diberangkatkan.

Maskapai Lufthansa menyarankan penumpang untuk naik kereta api dengan menggunakan tiket penerbangan. Namun, operator Deutsche Bahn memperingatkan bahawa hujan salju juga dapat menunda keberangkatan KA.

Di Schiphol, Belanda, puluhan penerbangan juga dibatalkan. Sekitar 3.000 orang terpaksa bermalam di bandara. Sedangkan sekitar setengah penerbangan dari Charles de Gaulle Paris juga sempat ditunda antara 40 dan 50 menit karena salju.

Advertisement

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Penerbangan Di Eropa
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif