News
Minggu, 19 Desember 2010 - 13:08 WIB

Garuda selesaikan restrukturisasi utang

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–PT Garuda Indonesia akhirnya berhasil menyelesaikan restrukturisasi utangnya dengan seluruh kreditur, setelah menempuh proses yang panjang selama sekitar 5 tahun. Dengan tuntasnya restrukturisasi utang itu, maka langkah IPO Garuda pun makin mulus.

Penandatanganan restrukturisasi hutang dengan kreditur kelompok terakhir termasuk “European Export Credit Agency” (ECA) sebesar US$ 277 juta telah dilaksanakan di London, Inggris pada Jumat (17/12).

Advertisement

Penandatanganan dilaksanakan oleh Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan dan wakil kreditur, David Brackenridge dari Lloyds Banking, disaksikan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dan Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Yuri Thamrin.

Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar mengatakan, tuntasnya restrukturisasi utang dengan seluruh kreditur tersebut menjadi tonggak penting dalam  mempercepat pengembangan Garuda ke depan.

“Kususnya dalam kaitan dengan rencana Garuda melaksanakan IPO dalam waktu dekat ini,” jelas Emir dalam siaran persnya, Minggu (19/12).

Advertisement

Sejak tahun 2005, Garuda berhasil menurunkan jumlah hutangnya secara signifikan, dari US$ 868 juta menjadi US$ 464 juta pada bulan November 2010. Penurunan tersebut berhasil dilakukan Garuda melalui pembayaran cicilan yang dilakukan, melakukan pembelian kembali hutang (debt buy back), dan proses konversi (equity conversion).

Bagian terakhir dari sisa utang sebesar US 464 juta, senilai US 277 juta dilaksanakan penandatanganan restrukturisasinya pada tanggal 17 Desember 2010 di London, dan direstrukturisasi hingga tahun 2016. Utang tersebut dipergunakan Garuda untuk membiayai pembelian 6 pesawat A 330-300 pada tahun 1996.

Sementara itu, Duta besar Indonesia untuk Inggris, Yuri Thamrin menyampaikan penghargaan kepada para kreditur atas dukungan yang telah diberikan kepada Garuda, dan penuntasan restrukturisasi hutang Garuda ini akan membuka kesempatan bagi peningkatan hubungan yang lebih luas antara Indonesia dan Eropa pada umumnya.

Advertisement

Dalam proses restrukturiasi hutang yang dilaksanakan, Garuda dibantu oleh Rotschild sebagai penasehat keuangan dan KL Gates sebagai penasehat hukum internasional.

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Garuda
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif