Minggu, 19 Desember 2010 16:22 WIB Wonogiri Share :

15 Orang ikuti ruwatan massal di WGM

Wonogiri (Espos)–Sebanyak 15 orang mengikuti acara ruwatan massal di halaman depan panggung hiburan kompleks Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Minggu (19/12).

Mereka duduk lesehan dibelakang geber wayang kulit dengan berbalut kain putih. Bertindak sebagai dalang ruwat yakni Ki Sutino dari Eromoko. “Peserta terjauh dari Jambi,” jelas Kadispora Wonogiri, Bambang Hatyadi. Ia menjelaskan acara ruwatan sebagai rangkaian dari jamasan pusaka MN 1.

Lima pusaka MN 1 dijamas oleh tiga abdi dalem mangkunegaran, yaitu Ng Sri Hartono, Mas Demang Suparman dan Ng Riyadi Putranto. Menurut Ng Riyadi berturut-turut lima pusaka yang dijamas yakni kiai Korowelang, kiai Bolodewo, kiai Totok, kiai Semar Tinandu dan kiai Limpung.

tus

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…