Sabtu, 18 Desember 2010 14:03 WIB News Share :

Tanah ambles sedalam 10 meter kagetkan warga Bangkalan

Bangkalan–Sebidang tanah di Desa Tlokoh, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, ambles sedalam 10 meter. Kejadian amblesnya tanah ini menyebabkan warga di sekitar lokasi kejadian, khususnya warga Desa Tlokoh kaget.

Menurut warga setempat, Kholil, Sabtu (18/12), peristiwa amblesnya tanah tersebut berlangsung cepat, tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Tanah yang ambles sedalam 10 meter dengan panjang 200 meter.

“Sementara lebarnya yakni 150 meter. Warga disini bingung semua terhadap fenomena alam yang baru pertama kali terjadi disini,” tutur Kholil.

Saat peristiwa berlangsung tidak ada anak kecil yang bermain di lokasi, sehingga tidak sampai menelan korban. Namun, ada tiga rumah yang kondisi nya mengkhawatirkan.

“Di dekat lokasi tanah yang ambles, berjarak sekitar setengah meter ada tiga bangunan rumah. Jika kondisi itu tidak segera diatasi, kami khawatir rumah tersebut ikut ambruk karena tanahnya ambles,” ungkap Kholil.

Menurut Kholil, sebenarnya dari Dinas Pertambangan dan Energi Bangkalan sudah ke lokasi untuk meninjau fenomena alam ini. Namun, hingga saat ini tidak ada kelanjutannya.

“Kami menginginkan bantuan dari pemerintah setempat untuk mengevakuasi tiga rumah yang ada didekat tanah ambles. Jika tidak segera dipindah, khawatir ambruk,” ujarnya.

Selain terjadi tanah ambles, sambung Kholil, tak jauh dari lokasi itu sekitar berjarak 15 meter ada fenomena alam yang unik, yakni tanah disana naik setinggi 7 meter.

“Kalau tanah ambles memang sering kami jumpai di lain daerah. Jika tanah naik setinggi tujuh meter ini baru terjadi pertama kali,” ucapnya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT BACH MULTI GLOBAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…