Sabtu, 18 Desember 2010 20:41 WIB Ekonomi Share :

Piala AFF, pedagang kaos bola raup untung besar

Jakarta--Pergelaran Piala AFF membuat masyarakat ramai-ramai memburu pernak-pernik seputar tim nasional Indonesia terutama kaos seragamnya. Ini membuat para pedagang kaos bola meraup untung besar.

Salah satu toko kaos bola di kawasan Mal Blok M  contohnya, di hari Sabtu-Minggu toko tersebut dipadati oleh para pembeli untuk memburu kaos timnas Indonesia.

Arif pemilik toko tersebut mengatakan, omset penjualan kaosnya naik drastis sepanjang pergelaran Piala AFF ini.

“Biasanya saya berhasil melakukan penjualan Rp 300 ribu sampai Rp 1,5 juta per hari. Dengan adanya AFF ini, omset penjualan mencapai Rp 800 ribu hingga Rp 3 juta per hari,” ujar Arif seperti dilansir, Sabtu (18/12).

Dikatakan Arif, harga kaos dan pernak-pernik timnas Indonesia yang dijualnya beragam. Untuk kaos bola, harganya berkisar Rp 25.000 hingga Rp 65.000, topi dihargai Rp 55.000, jaket Timnas Rp 95.000 sampai Rp 125.000, celana Rp 20.000 sampai Rp 85.000, dan kaos setelan untuk anak kecil dibanderol Rp 30.000.

Toko Arif dipadati oleh kalangan anak muda. Barang yang paling laris adalah jaket dan kaos berkerah dengan lambang Garuda dan tulisan Indonesia di belakangnya.

“Kalau beli selusin, saya kasih potongan 10-15%. Target saya adalah semua umur, dari anak-anak sampai dewasa,” tambah Arif.

Selama ini, Arif mendapatkan stok pakaian seragam timnas ini dari Bandung atau pasar Tanah Abang.

Pada kesempatan tersebut, Arif bercerita awal mula usahanya tersebut. Dia mulai membuka toko kaos pada tahun 2001, saat itu bukan kaos seragam bola, melainkan kaos-kaos remaja.

Pada 2009 Arif beralih menjual kostum bola karena mengikuti nasihat dari adiknya yang juga berjualan kostum dan pernak-pernik bola di kawasan Bekasi. Arif tak khawatir omsetnya turun jika ajang AFF berakhir.

“Kalau AFF selesai saya tidak terlalu khawatir karena sepakbola Indonesia semakin maju dan makin banyak penggemarnya,” ujar Arif.

Toko Arif tak hanya menjual kostum timnas Indonesia saja, tapi juga kostum bola klub-klub di Eropa serta negara-negara lainnya. Namun saat ini permintaan lebih banyak untuk kostum timnas Indonesia.

Salah satu pengunjung, Heri, 25, menuturkan dia memang datang ke toko Arif untuk membeli kaos timnas Indonesia.

“Saya hobi dan mau dukung timnas, selain itu saya juga punya komunitas di rumah,” jelas Heri.

Jika saat ramai di Sabtu-Minggu, bisa 200 orang mendatangi toko Arif. Saat ini ajang Piala AFF turut menggerakkan perekonomian juga.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…