Sabtu, 18 Desember 2010 19:33 WIB News Share :

Palu diguncang gempa 4,5 SR

Palu–Gempa tektonik berkekuatan 4,5 pada skala Richter (SR) mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (18/12) pukul 18.23 Wita.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situsnya menyebutkan pusat gempa terletak pada 1,09 Lintang Selatan dan 119,94 Bujur Timur.

Gempa yang tidak berpotensi tsunami itu terjadi di kedalaman 11 kilometer dengan jarak 23 kilometer arah Tenggara Kota Palu.

Sejumlah warga Kota Palu mengaku kaget merasakan getaran gempa yang hanya berlangsung tidak lebih dari dua detik.

“Saya sempat takut, untung getarannya hanya sekejap saja,” kata Wati, warga Palu Timur.

Wati mengaku sempat pusing setelah merasakan getaran gempa bumi. “Saya tidak merasakan getaran gempa sehingga berdampak pada sakit kepala,” imbuhnya.

Hingga saat ini tidak dilaporkan mengenai kerusakan akibat gempa bumi tektonik itu.

Beberapa hari sebelumnya, pada 10 Desember 2010 gempa bumi berkekuatan 4,0 SR juga melanda Kota Palu.

Gempa yang berkedalaman 33 kilometer terjadi tidak lebih dari dua detik.

Kota Palu dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah sering dilanda gempa bumi mengingat daerah ini dilewati Sesar Palu Koro sepanjang 1.000 kilometer yang terkenal aktif.

ant/nad

lowongan pekerjaan
PKG 39, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pribumi dalam Kuasa Kata

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (26/10/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com.  Solopos.com, SOLO–Pada 19 juli 1913 terbit artikel berjudul Als ik een Nederlander was (Andai Saya…