Sabtu, 18 Desember 2010 21:12 WIB Sport Share :

Malaysia melangkah ke final

Hanoi--Malaysia memastikan diri ke babak final turnamen AFF Suzuki Cup 2010 setelah menahan imbang tuan rumah Vietnam 0-0 di semifinal kedua di Hanoi, Sabtu (18/12). Mereka menang agregat 2-0.

Berbekal kemenangan dua gol di leg pertama di Kuala Lumpur hari Rabu lalu, Malaysia bermain defensif di Stadion My Dinh, yang dipenuhi 40 ribu suporter Vietnam. Upaya ini berhasil karena Vietnam kesulitan menembus pertahanan mereka.

Tim arahan K. Rajagopal itu juga melakukan pressing yang ketat dalam menghadapi tekanan tuan rumah. Setiap kali pemain Vietnam memegang bola, dua sampai empat pemain mendekat. Dalam bertahan, delapan hingga 10 pemain bisa berkumpul di areal pertahanan mereka sendiri.

Vietnam memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol, tapi tidak ada yang membuahkan gol, termasuk yang paling berbahaya lewat sundulan Nguyen Viet Than di menit 61, dari mulut gawang. Kiper Khairul Fahmi patut dijadikan pahlawan oleh Malaysia atas kegemilangan permainannya. Ia membuat beberapa penyelamatan krusial.

Upaya Vietnam semaki berat ketika di menit 71 mereka kehilangan satu pemain. Penyerang Pham Thanh Luong diganjar kartu merah karena mendapat dua kartu kuning. Kartu kedua ia terima karena melakukan diving di kotak penalti lawan.

Dengan demikian Malaysia tinggal menunggu pemenang semifinal lain antara Indonesia dan Filipina untuk bertanding di final. Di leg pertama Indonesia mengalahkan Filipina 1-0.

Ini adalah kali kedua Malaysia lolos ke final Piala AFF setelah menjadi runner up di edisi pertama di tahun 1996. Di antara Malaysia, Indonesia dan Filipina, tidak satu pun yang pernah menjadi kampiun di turnamen ini.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…