Sport
Sabtu, 18 Desember 2010 - 21:12 WIB

Malaysia melangkah ke final

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hanoi--Malaysia memastikan diri ke babak final turnamen AFF Suzuki Cup 2010 setelah menahan imbang tuan rumah Vietnam 0-0 di semifinal kedua di Hanoi, Sabtu (18/12). Mereka menang agregat 2-0.

Berbekal kemenangan dua gol di leg pertama di Kuala Lumpur hari Rabu lalu, Malaysia bermain defensif di Stadion My Dinh, yang dipenuhi 40 ribu suporter Vietnam. Upaya ini berhasil karena Vietnam kesulitan menembus pertahanan mereka.

Advertisement

Tim arahan K. Rajagopal itu juga melakukan pressing yang ketat dalam menghadapi tekanan tuan rumah. Setiap kali pemain Vietnam memegang bola, dua sampai empat pemain mendekat. Dalam bertahan, delapan hingga 10 pemain bisa berkumpul di areal pertahanan mereka sendiri.

Vietnam memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol, tapi tidak ada yang membuahkan gol, termasuk yang paling berbahaya lewat sundulan Nguyen Viet Than di menit 61, dari mulut gawang. Kiper Khairul Fahmi patut dijadikan pahlawan oleh Malaysia atas kegemilangan permainannya. Ia membuat beberapa penyelamatan krusial.

Upaya Vietnam semaki berat ketika di menit 71 mereka kehilangan satu pemain. Penyerang Pham Thanh Luong diganjar kartu merah karena mendapat dua kartu kuning. Kartu kedua ia terima karena melakukan diving di kotak penalti lawan.

Advertisement

Dengan demikian Malaysia tinggal menunggu pemenang semifinal lain antara Indonesia dan Filipina untuk bertanding di final. Di leg pertama Indonesia mengalahkan Filipina 1-0.

Ini adalah kali kedua Malaysia lolos ke final Piala AFF setelah menjadi runner up di edisi pertama di tahun 1996. Di antara Malaysia, Indonesia dan Filipina, tidak satu pun yang pernah menjadi kampiun di turnamen ini.

dtc/nad

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Final Malaysia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif