Jumat, 17 Desember 2010 08:24 WIB Boyolali Share :

Tiga betonisasi digarap di Kenteng-Keyongan

Boyolali (Espos)--Tiga proyek betonisasi tengah digarap di ruas jalan di jalur Kenteng-Keyongan, Kecamatan Nogosari, masing-masing satu proyek di Desa Kenteng serta dua proyek di Desa Keyongan.

Kondisi jalan yang rusak parah dan berlubang hampir di semua sisi mengharuskan perbaikan jalan dengan sistem betonisasi atau rigid. Menurut pengamatan Espos, Kamis (16/12), pembangunan rigid yang disertai dengan peninggian badan jalan baru dikerjakan di satu sisi jalan. Sementara ruas jalan lainnya belum digarap dan masih dapat digunakan warga untuk melintas.

Maryati, warga Desa Keyongan, menuturkan sebelum proyek betonisasi tersebut para warga hanya mampu menambal lubang dengan material seadanya yakni tanah dan pasir. Bahan-bahan tersebut tentu saja hanya menyelesaikan masalah sementara. “Kalau hujan malah becek dan tanahnya terkikis, lubangnya jadi terlihat lagi,” ujar dia kepada Espos.

Setidaknya, pembangunan rigid akan rampung pada akhir bulan Desember lantaran adonan semen dan pasir kering sempurna setelah 21 hari. Pengecoran semen untuk proyek rigid di Desa Kenteng serta salah satu yang digarap di Desa Keyongan baru dilakukan tiga hari belakangan.

Bila truk pengaduk semen tengah berhenti di dekat proyek, kendaraan yang datang dari dua arah ruas jalan terpaksa berhenti, mengingat kondisi jalan yang sempit dan dipinggirnya masing-maisng terdapat parit kecil, sehingga tidak bisa dilalui.

“Kami menunggu truk mengeluarkan muatannya. Biasanya selama 10-15 menit,” kata Maryati lagi. Ia bersama sebagian warga lain terpaksa menunggu lantaran jalan memutar yang melalui rumah-rumah penduduk tidak layak dan terlalu jauh.

m92

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…