News
Jumat, 17 Desember 2010 - 12:56 WIB

Mensos : Korban Merapi diharapkan mandiri dalam setahun

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengatakan korban bencana Gunung Merapi diharapkan bisa mandiri dalam setahun pascaletusan melalui program kelompok usaha bersama.

“Kita usahakan apa kira-kira usaha mereka setelah tiga bulan pascabencana agar terus mandiri. Mudah-mudahan tidak sampai setahun mereka sudah mandiri,” kata Mensos usai ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (17/12).

Advertisement

Mensos bersama ratusan pegawai Kementerian Sosial, anggota Karang Taruna dan Tagana ziarah ke TMP Kalibata dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang puncaknya diperingati pada 20 Desember.

Pemerintah saat ini sedang membangun hunian sementara (huntara) bagi korban bencana Merapi, dan sejalan dengan itu juga direalisasikan dua hal utama terkait perekonomian masyarakat setempat yaitu program padat karya dan kelompok usaha bersama (Kube).

Menurut Mensos, melalui program Kube diharapkan kemandirian warga korban letusan Merapi bisa tercapai, sebab melalui program padat karya yang berlangsung hanya dalam waktu tiga bulan, setelah itu warga kembali menganggur.

Advertisement

Mensos menjelaskan saat ini sekitar 700 proposal Kube sudah masuk ke Kementerian Sosial, dan sedang diteliti di lapangan.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif