Entertainment
Jumat, 17 Desember 2010 - 08:59 WIB

Dua raja dunia hiburan impor film kelas Oscar

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta – Apa jadinya bila dua raja industri hiburan sinematografi nasional bersinergi? Inilah yang sekarang dilakukan Raja Sinetron, Raam Punjabi, dan Raja Media Infotainmen, Ilham Bintang, untuk bekerja sama mengimpor berbagai film kategori butik atau kelas Oscar bermutu tinggi produksi Hollywood, Amerika Serikat (AS).

“Tanda tangan kerja sama ini kami lakukan Selasa (14/12). Film-film ini akan dipertunjukkan di seluruh jaringan bioskop di Indonesia, di Group 21 maupun Blitz,” kata Ilham Bintang di Jakarta, Kamis.

Advertisement

Ia mengemukakan, untuk mengisi peredaran sepanjang tahun 2011 akan diimpor 20 judul film sebagai hasil kerjasama perusahannya, PT Bintang Advis Multimedia, dengan PT Parkit Films milik Raam Pudjabi.

Ilham yakin para pemilik bioskop, apalagi Group 21 akan menyambut baik kerja sama tersebut. “Saya sudah berkawan baik dengan pemilik 21, jauh sebelum 21 sendiri didirikan,” sambung Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat itu.

Advertisement

Ilham yakin para pemilik bioskop, apalagi Group 21 akan menyambut baik kerja sama tersebut. “Saya sudah berkawan baik dengan pemilik 21, jauh sebelum 21 sendiri didirikan,” sambung Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat itu.

Pemimpin Redaksi Tabloid Cek&Ricek (C&R) itu mengemukakan, film, televisi dan media pers adalah genre media massa yang diabdikan untuk kepentingan publik, sehingga film tidak boleh diperlakukan sebagai barang dagangan semata.

Dari 20 judul film yang diedarkan di Indonesia pada 2011 itu, ia mengemukakan, antara lain film “Way Back” yang berdasarkan kisah nyata tentang pelarian sekelompok tentara Rusia yang dijebloskan di penjara Gulag. Mereka berhasil meloloskan diri dan harus bertahan dari terpaan dinginnya salju dan gurun pasir. Mereka harus lari sepanjang 6.000 kilometer, sebelum benar-benar selamat dari kejaran Tentara Merah.

Advertisement

Ilham menyatakan, ada juga film “Singularity” karya sutradara kelas Oscar, Roland Joffe, yang pernah menggarap “The Killing Fields”, “Scarlet Letter”, “The Mission”. Film aksi ini berkisah petualangan berlokasi pengambilan gambar di India dan Afrika Selatan.

Film tersebut berkisah tentang cinta dua masa, di tahun 1780an, tatkala seorang perwira Inggris jatuh hati pada perempuan lokal India. Ternyata, peristiwa itu kembali terulang dialami seorang arkeolog yang tengah melakukan riset tenggelamnya kapal yang pernah ditumpangi perwira Inggris tersebut.

Sejumlah film lain yang diimpor Raam dan Ilham adalah “Trust”, “Elephant White”, “Conan”, “Drive Angry”, dan “Son Of No One” yang dibintangi Al Pacino.

Advertisement

Ilham mengemukakan, dirinya maupun Raam meminta dukungan seluruh masyarakat pencinta film bermutu di Tanah Air, agar usaha kerja sama mereka menyajikan keberagaman tontonan berkualitas.

Menanggapi latar belakang kerja sama dari dua sosok yang selama ini dikenal sering berseteru ini, Ilham mengakui bahwa dalam 30 tahun karirnya sebagai wartawan sering mengritisi produk film dan sinematografi elektronik (sinetron) garapan Raam Punjabi.

“Tapi, itulah dinamika hidup. Kerja sama ini harus disyukuri. Dari pada bersahabat lama seperti bersaudara, tetapi akhirnya bermusuhan sampai mati. Raam juga mengamini hal ini,” kata wartawan senior yang mengawali karirnya di Harian Angkatan Bersenjata pada 1975 itu. Antara
?

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Dua Raja Kerja Sama
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif