dok Jalopnik dok Jalopnik
Kamis, 16 Desember 2010 07:37 WIB Internasional Share :

Stadion Baseball jadi kuburan mobil massal

dok Jalopnik

dok Jalopnik

Detroit–Program cash for clunkers yang dibuat oleh pemerintah Amerika untuk merangsang pembelian mobil yang melemah akibat krisis bisa dibilang sukses. Tapi di balik itu, mobil-mobil bekas yang ditukar oleh warga dalam program ini nampak merana di sebuah stadion.

Cash for clunkers merupakan insentif yang diberikan pemerintah AS bagi warganya yang ingin menukarkan mobil lamanya yang jelek (clunkers) dengan uang cash US$ 4.500. Uang ini nantinya digunakan untuk membeli mobil baru yang lebih irit dan hemat lingkungan.

Mobil-mobil bekas yang ikut serta dalam program itu tampak tergeletak di Bush Stadium yang berada di Indianapolis. Stadion baseball yang telah dibangun sejak tahun 1931 itu pun kini tampak laksana sampah raksasa dan menjadi kuburan massal mobil.

Ratusan mobil seperti dilansir Jalopnik, Kamis (16/12) terlihat tergeletak di berbagai tempat di dalam dan luar stadion. Di lapangan baseball yang luas, ratusan mobil tampak berhimpitan.

Di area parkir yang terdapat di luar stadion pun masih tampaka pula ratusan mobil terparkir karena ‘tidak dapat tempat’ di dalam stadion.

Padahal di masa silam, Bush Stadium merupakan sebuah stadion legendaris. Stadion ini pernah masuk dalam film Eight Men Out dan tengah diupayakan untuk menjadi sebuah bangunan bersejarah yang harus dilindungi dengan didaftarkannya stadion ini kedalam barisan bangunan bersejarah di Amerika atau National Register of Historic Places.

Pemberian rabat senilai US$ 4.500 permobil dalam program Cash for clunkers sendiri telah berhasil meningkatkan ekonomi Amerika. Departemen Transportasi Amerika mencatat telah terjadi 625.000 transaksi dengan jumlah angka transaksi yang tidak main-main yakni mencapai angka US$ 2,8 miliar.

Dari jumlah itu, Toyota merupakan produsen mobil yang paling besar penjualannya dalam cash for clunkers yang mencapai 19,2 persen dari keseluruhan mobil yang ditawarkan.

Departemen Transportasi AS juga mengatakan bahwa 54 persen dari mobil yang berhasil dijual merupakan mobil yang diproduksi di AS, sementara mobil hybrid mencapai 4,5 persen dari total penjualan mobil cash for clunkers.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…