Kamis, 16 Desember 2010 06:36 WIB News Share :

Presiden lantik 465 Taruna Akpol jadi Perwira Polri

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini akan melantik sebanyak 465 Taruna Akademi Kepolisian menjadi Perwira Polri. Acara akan berlangsung di Lapangan Bhayangkara Akpol, Candi, Semarang, Jawa Tengah.

“Tanggal  16 Desember 2010, mulai pukul 07.00 WIB persiapan s/d 14.30 WIB, akan diadakan serangkaian kegiatan Pelantikan Perwira Polri tahun 2010 oleh Inspektur Upacara Presiden RI, DR. H. Susilo Bambang Yudoyono di Lapangan Bhayangkara Akpol, Candi, Semarang,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen (Pol) Iskandar Hasan dalam pesan singkat yang diterima, Kamis (16/12).

Dalam pelantikan tersebut sebanyak 465 Taruna Akademi Kepolisian akan menjadi Perwira Polri, yang terdiri dari tiga Detasemen yaitu: Detasemen 42 = 79 Perwira, terdiri dari 60 Taruna dan 19 Taruni. Detasemen 43 = 314 Perwira, terdiri dari 273 Taruna dan 41 Taruni, dan Detasemen 44 = 72 Perwira yang terdiri dari 67 Taruna dan 5 Taruni.

Tujuan pendidikan Taruna menurut Iskandar adalah membentuk Warga Sipil Indonesia, menjadi Perwira Pertama Polri yang memiliki kemampuan (pengetahuan, ketrampilan teknis operasional kepolisian dan sikap polisi sipil) serta kemampuan manajerial yang diperlukan sebagai anggota Polri abdi negara dan masyarakat yang profesional, modern dan bermoral memiliki watak yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kejujuran yang berpedoman kepada moral dan kode etik kepolisian.

“Profesional dalam melaksanakan tugas kepolisian, mampu memangku jabatan sebagai unsur pelaksana pimpinan lini terdepan yang memiliki wawasan akademik serta menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai universal (demokratisasi, HAM, Kepastian hukum serta keadilan sosial),” papar Iskandar.

Iskandar menambahkan, penerima Adi Makayasa (prestasi tertinggi nilai akhir pendidikan akumulasi tiga aspek pendidikan sesuai pembobotan: Akademik, sikap perilaku dan kesamaptaan jasmani) adalah: dari Detasemen 42 Brigadir Taruna Irfan Widyanto no Akademi 07.249, asal Depok, dari Detasemen 43 Brigadir Taruna Reza Fahlevi no akademi 08.007 asal Medan dan dari Detasemen 44 Brigadir Taruna Agus Sobamapraja no akademi 09.004, asal Depok.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…