Kamis, 16 Desember 2010 02:11 WIB Sport Share :

Posisi tim nasional Indonesia di rangking FIFA melesat 8 tingkat

Zurich – Hasil gemilang di Piala AFF berhasil mendongkrak posisi tim nasional Indonesia di rangking FIFA. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan melesat 8 tingkat ke posisi 127. Ini merupakan posisi terbaik “Tim Merah Putih” sepanjang tahun 2010.

“Garuda” bermain impresif di Piala AFF dengan lolos sebagai juara grup dan menyapu bersih semua laga. Tim besutan Alfred Riedl itu juga memiliki agresivitas gol yang menggagumkan yakni mencetak 13 gol dan hanya kebobolan 2 gol. Maka tak heran, perolehan poin timnas melesat menjadi 211.

Bulan lalu, timnas hanya berada di posisi 135 dengan 172 poin. Adapun sepanjang tahun ini, Indonesia rata-rata berada di urutan 135 hingga 138. Ranking terendah timnas terjadi pada September 2010 di mana Firman Utina dan kawan-kawan menempati urutan ke-141. Untuk kelas Asia Tenggara, Indonesia saat ini hanya kalah dari Thailand yang menempati peringkat 121.

Sementara tiga semifinalis Piala AFF lainnya, yakni Malaysia, Vietnam, dan Filipina, posisinya masih berada di bawah Indonesia. Vietnam menduduki peringkat 137, Malaysia 144, dan Filipina di posisi 150.

Posisi puncak mutlak menjadi milik juara dunia Spanyol. Begitu juga tempat kedua dan ketiga yang diduduki runner up Piala Dunia, Belanda, dan semifinalis Piala Dunia, Jerman.

Ranking FIFA Desember 2010
1. Spanyol
2. Belanda
3. Jerman
4. Brasil
5. Argentina
6. Inggris
7. Uruguay
8. Portugal
9. Mesir
10. Kroasia
127. Indonesia

Kompas.com

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…