Rabu, 15 Desember 2010 05:30 WIB Wonogiri Share :

Sumatera, tempat favorit calon transmigran

Wonogiri (Espos)–Pulau Sumatera menjadi tempat tujuan favorit bagi para calon transmigran asal Wonogiri.

Demikian disampaikan, Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri, Mardjito, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Selasa (14/12).

Mardjito mengemukakan, calon transmigran lebih memilih pulau itu karena tingkat kesuburan tanah di wilayah seperti Provinsi Riau, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jambi, dinilai lebih tinggi jika dibandingkan tempat tujuan di pulau lain.
Dengan tanah yang subur, para transmigran lebih mudah mengembangkan lahan yang diberikan. Faktor lain yakni banyaknya perusahaan-perusahaan yang sudah berkembang, seperti perusahaan pengelola kelapa sawit, karet, kopi dan cokelat.

Selain itu, informasi kesuksesan dari para transmigran yang berada di pulau tersebut ditengarai menjadi faktor ketertarikan bagi para calon transmigran.

“Beberapa tahun terakhir pulau itulah yang banyak dipilih para calon transmigran. Tahun ini pun sebanyak 10 kepala keluarga akan diberangkatkan ke pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Bengkulu,” papar dia.

m93

lowongan pekerjaan
PT. SO GOOD FOOD, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…