Rabu, 15 Desember 2010 09:35 WIB Ekonomi Share :

Pengusaha cemaskan dampak lonjakan harga minyak dunia

Jakarta–Pelaku usaha mengkhawatirkan dampak lonjakan harga minyak dunia dan harga beras di dalam negeri terkait terhadap ekonomi di tahun 2011. Pemerintah diminta harus benar-benar memperhatikan ancaman ini.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan lonjakan harga minyak dunia akan berimplikasi pada membengkaknya subsidi bahkan ada kekhawatiran kenaikan harga BBM.

Sofjan menduga pembatasan premium pada triwulan I-2011, terkait upaya mengantisipasi lonjakan harga minyak dunia karena pemerintah tak berani menaikan harga BBM.

Selain itu, Sofjan menambahkan kenaikan harga beras secara perlahan di 2010 akan berlanjut di 2011, sehingga ancaman terhadap inflasi sangat tinggi.

“Tahun depan masalah minyak menjadi perhatian, juga masalah harga beras,” katanya saat ditemui di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa malam (14/10).

Sofjan juga menambahkan bagi pengusaha masalah lainnya, yang tetap menghadang di tahun depan seperti serbuan produk-produk China yang masuk ke pasar dalam negeri sebagai imbas perdagangan bebas ACFTA. Daya saing industri dalam negeri masih belum melawan keperkasaan industri China.

“Kita juga paling berat menghadapi barang-barang China, yang kita tak kompetitif lagi,” katanya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…