Rabu, 15 Desember 2010 21:05 WIB Sport Share :

Malaysia tundukkan Vietnam 2-0

Kuala Lumpur–Malaysia memetik kemenangan 2-0 atas Vietnam dalam laga pertama babak semifinal Piala AFF. Dua gol kemenangan tuan rumah datang dari Mohd Safee.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di National Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (15/12) malam WIB, dua gol Safee datang di babak kedua. Gol pertama tercipta di menit 60 dan gol kedua tercipta 10 menit sebelum laga tuntas.

Skor 2-0 ini jadi bekal bagus Malaysia untuk menjalani laga kedua di kandang Vietnam pada Sabtu (18/12) mendatang. Hasil imbang atau kekalahan dengan selisih satu gol cukup untuk mengantar skuad besutan K. Rajagopal masuk ke final.

Jalannya pertandingan

Pertandingan yang digelar di National Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur itu berlangsung dengan tempo cepat di awal laga.

Vietnam yang lebih berinisiatif menyerang punya kesempatan pertama mencetak gol saat sepakan Vu Phong Nguyen dari dalam kotak penalti dengan mudah di redam kiper Khairul Fahmi.

Di menit delapan, dengan aksi individunya Kunanlan Subramaniam berhasil menusuk masuk ke dalam kotak penalti Vietnam dan melepaskan umpan ke arah Safiq Bin Rahim. Sepakan pemain nomor punggung delapan itu tak berujung gol karena tepat mengarah ke kiper.

Malaysia kembali mengkreasikan peluang melalui Mohd Safee, meski arahnya masih melenceng di kanan gawang Vietnam. Tekanan tuan rumah berlanjut saat sebuah skenario tendangan sudut menghasilkan kemelut di muka gawang. Tak ada gol karena bola keburu disapu bek Vietnam.

Vietnam mencoba menyudahi babak pertama dalam posisi unggul saat sepakan Thanh Luong Pham dari luar kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah dijinakkan kiper Malaysia.

Kans terakhir Vietnam bikin gol datang dari tendangan bebas Vu Phong Nguyen, saat bola sepakannya menembus tembok hidup pemain Malaysia dan harus susah payah ditepis kiper Khairul Fahmi.

Di awal babak kedua Vietnam langsung menekan, baru dua menit laga berjalan Vu Phong Nguyen mngklaim penalti setelah dia dijatuhkan di kotak terlarang. Dua menit berselang upayanya melepaskan tendangan dari luar kotak penalti menyusur tanah menjauhi bidang sasaran.

Pendukung Malaysia sempat berteriak kegirangan saat Mohd Safee menanduk dengan sempurna bola umpan silang dari sisi kiri. Meski menggetarkan jala gawang Vietnam, si kulit bundar ternyata cuma menyasar bagian luar tiang gawang.

Di menit 60 gawang Vietnam akhirnya bergetar menyusul blunder yang dibuat kiper Tan Truong Bui. Bermula dari tendangan bebas dari tengah lapangan, bola yang melambung tinggi ditanduk oleh Safee.

Si kulit bundar sepertinya akan mudah ditangkap, namun Tan Truong Bui tak sempurna menghentikan laju bola yang masuk ke gawang setelah sempat menyentuh tangannya.

Vietnam langsung bereaksi dengan gol tersebut saat Dinh Dong Tran melepaskan tendangan jarak jauh yang kena kaki bek Malaysia dan bisa diamankan kiper Khairul dengan baik.

Sepuluh menit sebelum laga tuntas Malaysia sukses menggandakan keunggulan, kembali melalui Safee. Gol bermula dari tendangan jarak jauh Safiq yang ditepis kiper Vietnam, bola muntah disambar Safee menjadi gol kedua.

Vietnam memiliki peluang untuk memperkecil ketinggalan di menit 86 saat tandukan Huy Hoang Nguyen di muka gawang masih terlalu lemah dan tak mengarah tepat ke sasaran, meski dia berdiri tanpa dapat kawalan ketat dari pemain lawan.

Hingga empat menit waktu tambahan diberikan wasit, tak ada gol tambahan tercipta. Skor akhirnya laga bertahan di angka 2-0.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…