Selasa, 14 Desember 2010 09:24 WIB Sport Share :

Lima juara dunia, 2011 samai rekor 1970

Jakarta–Musim kompetisi Formula 1 2011 akan menyamai sebuah rekor yang telah berusia 40 tahun. Rekor itu adalah jumlah pembalap yang berstatus juara dunia.

Tahun depan, ada lima orang juara dunia yang bakal membalap. Mereka adalah Sebastian Vettel, Jenson Button, Lewis Hamilton, Fernando Alonso dan Michael Schumacher.

Menurut Auto 123 Racing seperti diberitakan detikSport, Selasa (14/12) lima juara dunia ini menyamai catatan tahun 1970 di mana saat itu ada Jack Brabham, John Surtees, Denny Hulme, Graham Hill dan Jackie Stewart yang pernah merebut titel kampiun sejagat.

Musim 1970 sendiri tercatat sebagai musim yang istimewa sekaligus menyedihkan karena gelar juara dunia tahun itu direbut oleh Jochen Rindt yang tewas di latihan GP Italia, seri ke-10 dari 13 seri tahun itu.

Angka lima juara dunia ini adalah yang terbanyak. Dalam sejarahnya, belum pernah ada enam orang juara dunia F1 yang bertarung dalam satu musim.

Namun sejarah itu bisa patah andai Kimi Raikkonen, juara dunia 2007, kembali ke F1 setelah mengasingkan diri di reli selama setahun terakhir ini.

Jumlah itu bahkan bisa bertambah bila Jacques Villeneuve, kampiun 1997, sukses membuat tim sendiri bersama Durango. Bila tim baru itu mendapat lampu hijau buat berkompetisi dan Villeneuve jadi pembalapnya, maka bisa jadi akan ada tujuh jawara dunia yang terlibat.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pribumi dalam Kuasa Kata

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (26/10/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com.  Solopos.com, SOLO–Pada 19 juli 1913 terbit artikel berjudul Als ik een Nederlander was (Andai Saya…