News
Selasa, 14 Desember 2010 - 10:49 WIB

Aksi di depan ITS ricuh

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Kericuhan terjadi dalam aksi mahasiswa di sekitar kampus ITS Sukolilo tempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kuliah umum, Selasa (14/12). Aksi mahasiswa dihadang aparat kepolisian. Akibatnya, terjadi dorong mendorong antara mahasiswa dengan aparat yang bersenjatakan tameng dan pentungan.

Aksi mahasiswa dilakukan oleh BEM se Indonesia Wilayah Suramadu. Jumlah sekitar 100 mahasiswa. Mereka terdiri dari mahasiswa dari Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Institut Teknologi 10 November Surabaya, dan beberapa kampus di Madura. Selain itu, ada pula perwakilan mahasiswa dari Yogyakarta, Semarang, dan Solo.

Advertisement

Dalam aksinya, mahasiswa melayangkan enam tuntutan yang dinamai NAMPAM (Enam Harapan Mahasiswa). Pertama menuntut pemerintahan SBY untuk menyelesaikan kasus korupsi di Bank Centuri dan kasus korupsi Gayus.

Kedua meminta penyelesaian kasus lumpur Sidoarjo dengan memenuhi hak-hak para korban. Ketiga meminta Madura dijadikan kawasan ekonomi khusus. Keempat menuntut reformasi birokrasi penegak hukum.

Kelima menuntut pemberian perlindungan hukum dan HAM terhadap TKI. Keenam menuntut nasionalisasi aset-aset strategis negara dan menuntut dijadikannya nuklir sebagai alternatif energi.

Advertisement

Koordinator aksi, yakni Nuruddin Yusuf menyatakan, keenam tuntutan tersebut penting dan mendesak dipenuhi oleh pemerintahan SBY. Jika tidak dipenuhi, Indonesia bakal terkungkung dalam kubangan masalah.

Pantauan di lokasi, aksi dorong mendorong antara mahasiswa tetap terus berlangsung. Aparat kepolisian yang berjumlah lebih banyak dari peserta unjukrasa memaksa mahasiswa untuk mundur dari lokasi. Meski kalah jumlah, mahasiswa tetap ngotot untuk bertahan. Bahkan, berusaha terus maju mendekati kampus ITS.

inilah/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif