News
Senin, 13 Desember 2010 - 17:26 WIB

UNS-Deakin University jajaki kerja sama

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Deakin University, Australia mengadakan pembahasan untuk menjajaki kemungkinan kerja sama ‘dual degree program’. Pembahasan dilakukan di UNS, Senin (13/12).

Kepala ‘International Office’ UNS, Dr Ing Ir Syafi’i MT, saat ditemui Espos di ruang Humas UNS, Senin, menjelaskan dalam pembahasan itu akan dibicarakan berbagai hal. Diantaranya bagaimana pelaksanaan ‘dual degree program’ dan kapan mulainya.

Advertisement

‘Dual degree program’, terangnya, adalah suatu program kerja sama agar nantinya mahasiswa UNS yang mengambil program tersebut memperoleh dua ijazah. Yaitu dari UNS dan dari Deakin University. Demikian sebaliknya, mahasiswa Deakin University akan memperoleh ijazah dari Deakin University dan UNS.

“Jika disepakati, pembelajaran mahasiswa yang mengambil program itu sebagian dilaksanakan di UNS, sebagian di Deakin University,” ujarnya.

Kebijakan ini, terangnya, merupakan salah satu upaya melakukan internasionalisasi UNS untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Selama ini, katanya, ‘dual degre program’ sudah dilakukan UNS dengan Curtin University Australia untuk program Magister Akuntansi, UNS dengan La Rocheille, Prancis untuk program Magister Manajemen. Khusus kerja sama dengan La Rocheille, setiap tahun ada lima mahasiswa UNS yang kuliah di sana, dan ada lima mahasiswa La Rocheille yang kuliah di UNS. “Jadi satu tahun pembelajaran dilakukan di UNS, satu tahun di Prancis,” ujarnya.

Advertisement

Terkait pembiayaan, Syafi’i mengungkapkan selama ini biayanya masih ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan. Oleh karena itu jumlah mahasiswa yang mengambil program ini masih terbatas karena tidak semua mahasiswa mampu menanggung biaya kuliah di luar negeri.

ewt

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif