Senin, 13 Desember 2010 17:26 WIB Pendidikan Share :

UNS-Deakin University jajaki kerja sama

Solo (Espos)–Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Deakin University, Australia mengadakan pembahasan untuk menjajaki kemungkinan kerja sama ‘dual degree program’. Pembahasan dilakukan di UNS, Senin (13/12).

Kepala ‘International Office’ UNS, Dr Ing Ir Syafi’i MT, saat ditemui Espos di ruang Humas UNS, Senin, menjelaskan dalam pembahasan itu akan dibicarakan berbagai hal. Diantaranya bagaimana pelaksanaan ‘dual degree program’ dan kapan mulainya.

‘Dual degree program’, terangnya, adalah suatu program kerja sama agar nantinya mahasiswa UNS yang mengambil program tersebut memperoleh dua ijazah. Yaitu dari UNS dan dari Deakin University. Demikian sebaliknya, mahasiswa Deakin University akan memperoleh ijazah dari Deakin University dan UNS.

“Jika disepakati, pembelajaran mahasiswa yang mengambil program itu sebagian dilaksanakan di UNS, sebagian di Deakin University,” ujarnya.

Kebijakan ini, terangnya, merupakan salah satu upaya melakukan internasionalisasi UNS untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Selama ini, katanya, ‘dual degre program’ sudah dilakukan UNS dengan Curtin University Australia untuk program Magister Akuntansi, UNS dengan La Rocheille, Prancis untuk program Magister Manajemen. Khusus kerja sama dengan La Rocheille, setiap tahun ada lima mahasiswa UNS yang kuliah di sana, dan ada lima mahasiswa La Rocheille yang kuliah di UNS. “Jadi satu tahun pembelajaran dilakukan di UNS, satu tahun di Prancis,” ujarnya.

Terkait pembiayaan, Syafi’i mengungkapkan selama ini biayanya masih ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan. Oleh karena itu jumlah mahasiswa yang mengambil program ini masih terbatas karena tidak semua mahasiswa mampu menanggung biaya kuliah di luar negeri.

ewt

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…