Walkinshaw (AFP) Walkinshaw (AFP)
Senin, 13 Desember 2010 06:35 WIB Sport Share :

Tom Walkinshaw berpulang

London–Tom Walkinshaw, sosok yang pernah menangani Michael Schumacher serta menjadi figur penting di beberapa tim Formula 1, meninggal dunia. Walkinshaw meninggal di usia 60 tahun karena sakit.

Dilansir Autosport, Walkinshaw meninggal dunia pada Minggu (12/12) pagi di lokasi yang tidak disebutkan. Dalam beberapa tahun terakhir, Walkinshaw diketahui mengidap kanker.

Walkinshaw, lahir di Midlothian, Skotlandia, adalah mantan pembalap Lotus Formula Ford, Formula 3, Formula 5000 dan Formula 2 di era 1960 dan 1970-an. Setelah pensiun, Walkinshaw memulai karir manajerial.

Tahun 1975, Walkinshaw membentuk Tom Walkinshaw Racing (TWR) yang berbisnis di pembuatan mobil balap turing dan memenangi sejumlah kejuaraan bergengsi, termasuk balapan 24 jam di Le Mans.

Walkinshaw kemudian melangkah ke F1 tahun 1991 dengan menjadi Direktur Mekanik di Benetton. Ia terlibat dalam perekrutan Michael Schumacher yang tampil impresif dalam debutnya bersama Jordan.

Di Benetton, Walkinshaw turut berperan mengantar Schumi menjadi juara dunia 1994. Ia sempat dicurigai menggunakan perangkat ilegal, tetapi tuduhan itu tidak pernah terbukti dan Walkinshaw bebas dari sanksi.

Tahun 1995, Walkinshaw membeli separuh saham Ligier dari Flavio Briatore. Namun tak lama kemudian Briatore malah membeli penuh tim Arrows dan tahun 1997 Arrows merekrut juara dunia 1996, Damon Hill.

Walkinshaw harus melihat Arrows bankrut dan dilikuidasi tahun 2002. Walkinshaw kemudian bergelut di ajang V8 Supercars Australia mulai tahun 2005.

Tahun ini, Walkinshaw sempat menampakkan diri di GP Inggris di Sirkuit Silverstone, bulan Juli silam.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…