Senin, 13 Desember 2010 13:37 WIB Solo Share :

Pengumpulan PBB Kota Solo baru 82.84%

Solo (Espos)–Pengumpulan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kota Solo hingga batas waktu pembayaran pajak tersebut 31 Oktober 2010, baru tercapai 82,84% atau Rp 29, 69 miliar, dari target yang ditetapkan dalam perubahan September lalu senilai Rp 36 miliar.

Menurut Kepala Bidang Penagihan Pajak Daerah DPPKA Kota Solo, Kinkin Sultanul Hakim, Senin (13/12) mengemukakan, target pengumpulan PBB semula ditargetkan senilai Rp 20 miliar.

“Semula targetnya Rp 20 miliar, namun dalam pembahasan perubahan APBD, target tersebut ditingkatkan menjadi Rp 36 miliar. Pemkot mengasumsikan hingga akhir tahun 2010 target PBB akan tercapai Rp 33,78 miliar,” jelasnya.

Tidak terpenuhinya target pengumpulan PBB tersebut, lanjut Kinkin, karena adanya beberapa masalah yang dihadapi dalam pengumpulan PBB di Kota Solo. Antara lain, masih minimnya kesadaran masyarakat membayar pajak.

“Selain itu, tingkat pendapatan masyarakat yang masih rendah berpengaruh langsung pada kemampuan masyarakat dalam membayar pajak juga rendah,” tegasnya.

sry

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…