Senin, 13 Desember 2010 15:12 WIB Ekonomi Share :

BI
Inflasi 2010 bakal sentuh 6,5%

Jakarta–Bank Indonesia memperkirakan inflasi tahunan ini mencapai 6,5%. Pada kuartal III inflasi sudah mencapai 5,98% dan kuartal IV inflasi bulanan mencapai 0,5%.

Hal itu dikatakan Deputi BI, Hartadi Sarwono dalam seminar ‘Perang Kurs dan Dampaknya pada Arus modal, Suku Bunga dan perekonomian Indonesia 2011’ di Jakarta, Senin (13/12). “Dari perhitungan itu maka kalau ditambahkkan maka inflasi tahunan mencapai 6,5%,” katanya.

Hartadi menjelaskan tekanan inflasi pada semester II karena kenaikan harga bahan pangan seperti beras. Untuk itu, BI meminta pemerintah melakukan operasi pasar untuk mengendalikan harga beras.

Kondisi ini seperti pada tahun 2007. Saat itu pemerintah kekurangan pasokan beras karena terkena bencana alam. Namun dari pasar impor, banyak negara yang mengalami kesulitan pasokan. Akibatnya, harga impor juga mengalami kenaikan.

“Untuk itu pemerintah harus bekerjasama dengan negara lain untuk mendapatkan harga beras impor dengan harga yang rendah,” jelasnya.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….