Senin, 13 Desember 2010 18:16 WIB Boyolali Share :

90 Persen peternak bergantung IPS di Jakarta

Boyolali (Espos)–Pemasaran susu segar produksi peternak sapi perah sebanyak 90 persennya bergantung  pada industri pengolahan susu (IPS) yang sebagian besar berada di Jakarta.

Kondisi ini menyebabkan biaya dan risiko yang harus ditanggung peternak cukup tinggi.

Demikian pemaparan yang disampaikan Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Tengah Sri Kuncoro, dalam acara Penyerahan Bantuan dan Dialog dengan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, di gedung GKSI Boyolali, Senin (13/12).

Untuk itu, GKSI  mendesak Gubernur untuk segera mengoperasionalkan pabrik susu kental manis (SKM) yang telah berdiri di Boyolali.

Ini akan menjadi solusi dari permasalahan utama yang dihadapi GKSI Jateng yakni tingginya ketergantungan peternak sapi perah terhadap IPS dalam hal pemasaran.

“Di Jawa Tengah belum ada IPS yang mampu menyerap seluruh produksi susu segar yang dihasilkan para peternak,” paparnya.

kha

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….