Minggu, 12 Desember 2010 18:21 WIB Internasional,Kesehatan Share :

Obama akhirnya berhenti merokok

Washington DC–Obama mengaku bukan perokok berat yang tiap hari harus merokok. Meski begitu Presiden AS itu menyadari kebiasaan buruknya harus dihentikan. Lewat tekadnya dan dukungan keluarga, sang presiden sudah 9 bulan ini tidak merokok.

“Saya sudah tidak melihat dan menyaksikan adanya bukti merokok dalam sembilan bulan ini,” kata Jubir Gedung Putih Robert Gibbs ketika ditanya wartawan tentang bagaimana upaya Obama untuk berhenti merokok seperti dilansir politicsdaily.com, Minggu (12/12).

Gibbs mengatakan Presiden Obama telah berjuang untuk berhenti merokok. “Ini (merokok) bukan sesuatu yang dia banggakan. Dia tahu itu tidak baik untuknya. Dia tahu dia tidak suka tentang itu,” kata Gibbs.

“Saya pikir dia telah bekerja (mencoba berhenti merokok) dengan keras. Dia telah bergulat melawan kebiasaannya itu,” lanjut Gibbs.

Media menyebut slogan kampanye Obama ‘Yes We Can!’ cukup cocok digunakan untuk tekadnya berhenti merokok. Kebiasaan merokok Obama sempat mendapat sorotan ketika dia maju dalam pemilihan presiden AS 2009. Sebelum terpilih menjadi Presiden AS, Obama telah bertekad untuk berhenti merokok.

Saat kampanye Obama mengakui kebiasaan buruk merokoknya sejak remaja. Beberapa foto Obama yang sedang merokok juga sempat menjadi bulan-bulanan kampanye lawan politiknya.

Namun Obama mengaku dia bukan perokok setiap hari. “Aku tidak pernah menjadi perokok berat. Aku telah berhenti secara periodik selama beberapa tahun terakhir karena permintaan yang kuat dari istri dan menggantinya dengan mengunyah Nicorette (permen),” kata Obama kepada Chicago Tribune saat kampanye presiden waktu itu.

Saat itu Obama mengatakan istrinya Michelle telah memberi semangat dan mendorongnya untuk keluar dari lingkar setan merokok untuk alasan kesehatan.

Dalam pemeriksaan kesehatan presiden pada Maret 2010, Obama dinyatakan sehat dan terus berjuang untuk berhenti merokok. Sejak pemeriksaan kesehatannya diumumkan itu, penghuni Gedung Putih juga tidak pernah lagi melihat Obama merokok.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…