Soloraya
Minggu, 12 Desember 2010 - 11:59 WIB

Delapan hasil penelitian di Wonogiri diseminarkan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Sebanyak delapan hasil penelitian dari SMK, SMA dan masyarakat umum di Wonogiri diseminarkan dalam Seminar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Daerah (Iptekda), di Ruang Data Setda Wonogiri, Sabtu (11/12).

Kepala Kantor Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Litbang Iptek) Wonogiri, Puji Santoso dalam sambutannya menyampaikan, delapan hasil penelitian itu terdiri dari Uji Farmakologi Tumbuhan Binahong sebagai Penyembuh Luka dari SMAN 1 Pirwantoro, Lampu Hemat Energi dari Limbah Korek Api dan Lampu Elektrik dari SMK Muhammadiyah 4 Wonogiri, Pemanfaatan Limbah Kertas sebagai Bahan Substitusi Alternatif dalam Pembuatan Genteng Tanah Liat dari SMAN 1 Girimarto, Pengolahan Belut Menjadi Makanan Olahan Modern untuk Meningkatkan Konsumsi Belut dari SMAN 1 Girimarto.

Advertisement

Ada pula penelitian Limbah Padat Tahu dengan Onggok Tapioka terhadap Rendemen Alkohol untuk Pembuatan Bioetanol sebagai Pengembangan Sumber Energi Alternatif dari SMKN 2 Wongiri, Pemanfaatan Mahoni sebagai Bahan Pengawet Kayu dari Serangan Rayap dari SMKN 2 Wonogiri, Pemanfaatan Limbah Pertanian untuk Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Biostarter Tradisional sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Pupuk Kompos dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan dari SMAN 1 Wuryantoro dan Mi Kesehatan dari Daun Sembukan dari masyarakat umum.

Puji mengungkapkan, delapan penelitian itu merupakan hasil seleksi dari 13 proposal yang diajukan ke Kantor Litbang Iptek. “Setelah menyeleksi secara ketat, delapan proposal itulah yang layak didanai,” jelas dia. Rencananya, lanjut Puji, penelitian yang sudah diseminarkan tersebut akan diusulkan untuk mengikuti lomba kreanova tingkat provinsi 2011 mendatang.

m93

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif