Minggu, 12 Desember 2010 11:59 WIB Wonogiri Share :

Delapan hasil penelitian di Wonogiri diseminarkan

Wonogiri (Espos)–Sebanyak delapan hasil penelitian dari SMK, SMA dan masyarakat umum di Wonogiri diseminarkan dalam Seminar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Daerah (Iptekda), di Ruang Data Setda Wonogiri, Sabtu (11/12).

Kepala Kantor Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Litbang Iptek) Wonogiri, Puji Santoso dalam sambutannya menyampaikan, delapan hasil penelitian itu terdiri dari Uji Farmakologi Tumbuhan Binahong sebagai Penyembuh Luka dari SMAN 1 Pirwantoro, Lampu Hemat Energi dari Limbah Korek Api dan Lampu Elektrik dari SMK Muhammadiyah 4 Wonogiri, Pemanfaatan Limbah Kertas sebagai Bahan Substitusi Alternatif dalam Pembuatan Genteng Tanah Liat dari SMAN 1 Girimarto, Pengolahan Belut Menjadi Makanan Olahan Modern untuk Meningkatkan Konsumsi Belut dari SMAN 1 Girimarto.

Ada pula penelitian Limbah Padat Tahu dengan Onggok Tapioka terhadap Rendemen Alkohol untuk Pembuatan Bioetanol sebagai Pengembangan Sumber Energi Alternatif dari SMKN 2 Wongiri, Pemanfaatan Mahoni sebagai Bahan Pengawet Kayu dari Serangan Rayap dari SMKN 2 Wonogiri, Pemanfaatan Limbah Pertanian untuk Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Biostarter Tradisional sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Pupuk Kompos dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan dari SMAN 1 Wuryantoro dan Mi Kesehatan dari Daun Sembukan dari masyarakat umum.

Puji mengungkapkan, delapan penelitian itu merupakan hasil seleksi dari 13 proposal yang diajukan ke Kantor Litbang Iptek. “Setelah menyeleksi secara ketat, delapan proposal itulah yang layak didanai,” jelas dia. Rencananya, lanjut Puji, penelitian yang sudah diseminarkan tersebut akan diusulkan untuk mengikuti lomba kreanova tingkat provinsi 2011 mendatang.

m93

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…