Foto: Dispen TNI AL Foto: Dispen TNI AL
Minggu, 12 Desember 2010 16:03 WIB News Share :

17 Tank amfibi Rusia perkuat Korps Marinir

Foto: Dispen TNI AL

Foto: Dispen TNI AL

Jakarta–Korps Marinir TNI AL mendapatkan 17 unit tank amfibi tipe BMP-3F buatan Rusia. Kehadiran kendaraan tempur lapis baja yang mampu bergerak di darat dan laut tersebut diharapkan dapat menambah kekuatan korps baret ungu ini.

Uji coba terhadap 17 unit tank baru digelar di Pusat Latihan Tempur, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (12/12). Kegiatan berupa simulasi perang laut itu Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno, dan Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin.

“Saya puas uji fungsi ini berhasil, semoga tank ini menjadi kebanggaan Korps Marinir,” ujar Menhan Purnomo sebegaimana disampaikan melalui surat elektronik dari Dispen TNI AL, Minggu (12/12).

Purnomo yang dianugerahi gelar warga kehomatan Korps Marinir itu menambahkan idealnya, Marinir memiliki 95 jenis tank BMP. Kebutuhan tersebut akan dipenuhi secara bertahap seiring peningkatan kemampuan keuangan negara.

Tank amfibi BMP-3F merupakan kendaraan lapis baja terbaru produksi Rusia. Kemampuan manuver laut tank ini mengalami penyempurnaan dibanding generasi sebelumnya dengan penambahan snorkel, perbaikan tameng di kubah untuk menahan ombak dan gelombang air laut agar tank tetap stabil menuju serbuan pantai.

Konstruksi persenjataan BMP-3F merupakan penggabungan dalam satu komponen (single-turet). Terdiri dari meriam, peluncur roket berkaliber 100 mm, kanon otomatis berkaliber 30 mm dan mitraliur berkaliber 7,62 mm.

Penggabungan ini memungkinkan prajurit awak tank dapat memilih model keperluan penggunaan senjata yang tersedia dikaitkan dengan situasi dan kondisi serta medan tempur. Konstruksi (chasis) yang memungkinkan untuk dimodernisasi, selain mudah perawatannya dan efisien pemeliharaannya

Bobot BMP-3F kurang lebih 18,7 ton, panjang 8 meter, lebar 3,5 meter dan tinggi 2,5 meter, kapasitas 10 prajurit yang terdiri dari tiga awak tank dan tujuh awak senjata. Kecepatan di medan air dan berlumpur 45 km/jam, 70 km/jam, di jalan raya 10 km/jam, dan mampu berjalan mundur dengan kecepatan 20 km. Sedangkan kemampuan jelajah 600 km, di lumpur 12 km dan daya jelajah di air tujuh jam.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…