Haji
Sabtu, 11 Desember 2010 - 19:36 WIB

Kloter 10 terlambat karena uji coba rudal

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banjarbaru--Kedatangan jemaah haji kelompok terbang 10 Debarkasi Banjarmasin Kalimantan Selatan mengalami keterlambatan karena ada uji coba peluru kendali di wilayah udara India.

“Kedatangan jemaah kloter 10 mengalami keterlambatan sekitar empat jam dari jadwal karena adanya uji coba rudal di India,” ujar Station Manager PT Garuda Indonesia cabang Banjarmasin Taufik Husni di Banjarbaru, Sabtu (11/12).

Advertisement

Menurut dia, pesawat pengangkut jemaah asal Kabupaten Tanah Laut itu dijadwalkan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Sabtu pukul 22.00 Wita namun ditunda empat jam hingga Minggu pukul 02.15 Wita.

“Kami sudah mendapat pemberitahuan terkait uji coba rudal itu sehingga keberangkatan pesawat penjemput jemaah ditunda dan berdampak terhadap kedatangan,” ungkapnya.

Dijelaskan, rute penerbangan pesawat haji memang melintas di atas wilayah udara India sehingga terkait uji coba rudal itu jadwal penerbangan ditunda demi keamanan namun rutenya tetap sama.

Advertisement

Dia mengemukakan, proses pemulangan jemaah haji Debarkasi Banjarmasin sudah mulai normal sejak kloter 8 namun hanya pada kloter 10 mengalami keterlambatan karena adanya kegiatan militer di India tersebut.

“Kedatangan sudah normal sejak kloter 8 dan diupayakan hingga kloter terakhir tetapi hanya kloter 10 yang mengalami keterlambatan karena adanya uji coba rudal itu,” jelas dia.

Wakil Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banjarmasin Nofirman mengatakan, jumlah jemaah asal Kalsel maupun Kalteng yang sudah kembali ke daerah sebanyak 2.901 orang.

Advertisement

“Jemaah yang sudah dipulangkan ke daerah baik asal Kalsel maupun Kalteng sebanyak 2.901 orang dan diterbangkan mulai dari kloter 1 hingga kloter 9 Debarkasi Banjarmasin,” ujarnya.

Dikemukakan dia, jumlah hingga kloter 9 tersebut tidak termasuk 13 orang yang meninggal baik saat proses pemberangkatan maupun saat berada di Tanah Suci.

Dia menambahkan, jumlah haji Debarkasi Banjarmasin yang masih menunggu proses pemulangan 2.454 orang yang diterbangkan hingga kloter terakhir yakni kloter 17 yang direncanakan tiba 21 Desember 2010.

“Harapan kami proses pemulangan yang sudah normal terus berjalan hingga kloter terakhir dan soal keterlambatan disebabkan faktor teknis bisa kami maklumi,” lanjutnya.

ant/nad

Advertisement
Kata Kunci : Terlambat Uji Coba Rudal
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif